Publikasi S3 Pendidikan Dasar

Year Title Description Publisher Author(s)
2013 Penerapan teknik self instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri ketika pelajaran retell story pada siswa kelas VIII SMPN 5 Cepu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan teknik self instruction pada siswa kelas VIII SMPN 5 Cepu. Pada penelitian ini teknik self instructiondiberikan untuk menangani kepercayaan diri ketika retell story yaitu suatu keyakinan terhadap diri sendiri bahwa dia memiliki kemampuan untuk berhasil dalam kegiatan belajar menyajikan sebuah cerita kepada orang lain yang bertujuan menyampaikan pesan atau informasi yang bersifat mendidik. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa pre-test and post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan teknik self instruction pada siswa kelas VIII SMPN 5 Cepu. Yang memiliki rasa percaya diri rendah Angket digunakan untuk mencari siswa Subyek dalam penelitian ini adalah 64 siswa kelas VIII di SMPN 5 Cepu. Setelah dilakukan penelitian dengan menerapkan teknik self instruction maka didapatkan sebanyak 7 siswa yang mempunyai tingkat kepercayaan yang rendah ketika pelajaran retell story. Hasil analisa penelitian menunjukan bahwa didapatkan nilai kritis T untuk uji jenjang Wilcoxon dengan taraf signifikan 5% dan N= 7 diperoleh T tabel= 2 sehingga T hitung lebih kecil T tabel (0< 2) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata pretest sebesar 105, 42, posttest sebesar 138, 42 dan beda selisih pretest dan posttest sebesar 37, hal ini berarti ada peningkatan dalam hal kepercayaan diri pada siswa kelas VIII A dan B ketika pelajaran retell story. Sehingga …
Jurnal BK Unesa 3 (1), 187-195, 2013
2013 Pengembangan media bimbingan dan konseling
Jakarta: Akamedia, 2013
2013 Strategi dan intervensi konseling
Jakarta: Akademia Permata, 2013
2012 Studi Kasus Dinamika Emosi Pada Anak Autis
This study aimed at exploring the emotional dynamics of children with autistic. A qualitative approach with case study method was employed. Two autistic children with average autism severity in Cita Hati Bunda School and Therapy Center for autistic children Sidoarjo were recruited as participants. Data were collected from interviews, observation, and relevant documents. The Plutchiks concept of emotion components, namely stimulus event, inferred cognition, physiological arousal, feeling state, impulse to action, and overt behaviour and effect was used to invoke some psychological insight in the analysis. The study found that the dynamic of emotions that occurs in autistic children was influenced mainly by situational factors. The result suggested that autistic children need more times to perceive the contexts of stimuli. However, this study was not able to explain how these children make meanings of those stimuli.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika emosional pada anak-anak autis. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus diguna-kan. Dua anak autis dengan tingkat keparahan autisme rata-rata di Cita Hati Bunda Sekolah dan Terapi Pusat autis anak Sidoarjo direkrut sebagai partisipan. Data dikumpulkan dari wawancara, observasi, dan dokumen yang relevan. Konsep Plutchik tentang komponen emosi, yaitu stimulus event, inferred cogni-tion, physiological arousal, feeling state, impulse to action, overt behaviour dan effect digunakan untuk memberikan wawasan psikologis dalam menganalisis data. Studi ini menemukan bahwa meskipun ketika emosi itu bangkit anak-anak autistik ini tidak mampu …
Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan 2 (2), 108-120, 2012
2011 Penerapan Strategi Modeling Partisipan Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi antar Pribadi Siswa
Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan 12 (1), 2011
2011 Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
Surabaya: Unesa University Press, 2011
2010 Efektifitas Media “Pizza Karier” dalam Pemberian Layanan Informasi Karier
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan dalam layanan informasi karier. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media Bimbingan dan Konseling. Media “Pizza Karier” dipilih sebagai salah satu upaya perbaikan atas masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keefektifan penggunaan media “Pizza Karier” dalam pemberian layanan informasi karier dan (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman materi layanan informasi karier siswa dengan menggunakan media “Pizza Karier”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Bimbingan dan Konseling yang dilakukan sebanyak dua siklus, karena penelitian ini berusaha untuk melakukan perbaikan terhadap pelaksanaan pelayanan Bimbingan dan Konseling, khususnya dalam layanan informasi karier dengan fokus pengembangan media. Berdasarkan analisis …
Jurnal Unesa, hlm, 1-13, 2010
2010 Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial
Yogyakarta: Ladang Kata, 2010
2010 Media Bimbingan dan Konseling
Unesa University Press, 2010
2009 Artikel: Kerangka Proses Konflik dan Solusi Konflik pada Siswa SMA di Surabaya berdasarkan Dinamika Psikologis
Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2009