Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FIP UNESA Selenggarkan Sanctioning Kurikulum

Fip.ac.id, Surabaya –  Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya mengadakan Focus Groub Discussion dengan tema : Sanctioning Kurikulum dan Kebijakan Penerapan Kurikulum OBE Prodi S1 Pendidikan Luar Sekolah dan Penandatanganan PKS Prodi S2 Pendidikan Luar Sekolah Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Acara ini diselenggarakan pada hari Rabu, 12 Juli 2023 di ruang sidang lantai satu Fakultas Ilmu Pendidikan, mulai dari pukul 09.00 hingga 11.30  dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Indonesia, Prof.Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., Koordinator program studi S2 PLS Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd. dan juga Koordinator program studi S1 PLS Dr. Rivo Nugroho, S.PD., M.Pd.

Sanctioning kurikulum yang inovatif ini bertujuan untuk memperkuat dan mengembangkan pendidikan luar sekolah yang lebih adaptif, inklusif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Kurikulum baru Program Studi Pendidikan Luar Sekolah ini merupakan hasil dari upaya berkelanjutan PLS FIP UNESA dalam merespons perubahan dan tuntutan zaman. Fakultas ini menyadari pentingnya mempersiapkan pendidik yang mampu memberikan pembelajaran di luar lingkungan sekolah. Dalam sanctionong kurikulum ini, Dekan FIP UNESA, Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., menyampaikan pentingnya pengembangan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah yang relevan dengan kebutuhan zaman. Beliau menjelaskan, “Kurikulum baru PLS ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep, teori, dan praktik pendidikan luar sekolah. Kami ingin menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dalam memajukan pendidikan di luar lingkungan formal”.

Dr. Rvio Nugroho, M.Pd., Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah, menjelaskan bahwa kurikulum baru ini juga mencakup praktek lapangan yang lebih intensif. Mahasiswa akan terlibat dalam kegiatan nyata di lembaga-lembaga pendidikan luar sekolah, seperti lembaga pemerintah, LSM, dan komunitas masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan praktis dan pemahaman kontekstual yang diperlukan untuk menjadi pendidik yang efektif di luar lingkungan sekolah. FIP UNESA berharap bahwa melalui kurikulum baru ini, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi perubahan dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan pendidikan luar sekolah di Indonesia. Kurikulum inovatif ini diharapkan dapat menciptakan pendidik luar sekolah yang mampu mengatasi tantangan dan mengembangkan strategi pendidikan yang relevan, inklusif, dan berkelanjutan.

Dengan kurikulum baru untuk Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, FIP UNESA terus berkomitmen untuk menjadi pusat pendidikan dan riset yang unggul dalam bidang ilmu pendidikan. Fakultas ini akan terus berinovasi dan beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang terus berkembang di era yang semakin kompleks ini. Kurikulum Program Studi Pendidikan Luar Sekolah ini menekankan pembelajaran yang berbasis proyek, kolaboratif, dan terintegrasi dengan teknologi. Mahasiswa PLS akan terlibat dalam pengembangan program pendidikan luar sekolah yang inovatif, serta mempelajari strategi pengelolaan, evaluasi, dan advokasi pendidikan luar sekolah. Selain itu, kurikulum baru ini juga mencakup mata kuliah yang membahas isu-isu penting dalam pendidikan luar sekolah, seperti pendidikan inklusif, pendidikan partisipatif, pendidikan lingkungan, dan pendidikan kewirausahaan. Tujuannya adalah untuk memberikan wawasan yang luas dan perspektif yang holistik kepada mahasiswa agar mereka dapat menghadapi tantangan kompleks dalam konteks pendidikan luar sekolah.

Pada saat Focus Group Discussion banyak  sekali hal yang di diskusikan antara para lembaga stakeholder dan Dosen PLS FIP UNES. Masukan masukan juga banyak disampaikan. Dengan adanya Focus Group Discussion oleh program studi Pendidikan Luar Sekolah, harapan nya dapat semakin mengembangkan program studi Pendidikan Luar Sekolah dengan masukan masukan yang telah diberikan untuk kebaikan para mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah FIP UNESA.

Penulis : Vika Amalina