Tim Peminatan Autisme PLB UNESA Membuat Papan Zona Regulasi Emosi Sebagai Proyek Akhir Studi Independen Mandiri

fip.unesa.ac.id, SURABAYA – Di tahun 2024 untuk pertama kalinya Prodi PLB UNESA mengadakan studi independen mandiri Prodi. Berbagai lembaga bidang disabilitas digaet oleh Prodi PLB UNESA. Salah satunya ialah lembaga sekolah SABK Bhakti Luhur yang berada di Kota Malang. Beberapa tim mahasiswa dikirim untuk menjalankan studi independen mandiri di lembaga tersebut. Studi independen mandiri SABK Bhakti Luhur Malang dimulai sejak 7 Maret 2024 dan akan berakhir pada 20 Juni  2024 mendatang.

Salah satu tim studi independen mandiri Prodi PLB UNESA di SABK Bhakti Luhur Malang merupakan mahasiswa peminatan autisme. Tim yang berisi mahasiswa angkatan 2021 tersebut terdiri dari Dimas Adji sebagai ketua kelompok beserta 5 rekannya sebagai anggota yakni Muria Maulidia, Nuraini Hana, Dyah Ayu, Shofia Eta, dan Cucu Larasati. Dalam studi independen mandiri ini, tim peminatan autisme menjalankan beberapa kegiatan. Mulai dari asistensi mengajar, identifikasi dan asesmen ABK, serta proyek akhir.

Proyek akhir studi independen mandiri tim peminatan autisme ialah membuat media papan zona regulasi emosi. Media tersebut dikhususkan untuk anak autisme yang masih mengalami gangguan dalam mengontrol emosi dirinya. Salah satu anggota tim,  Nuraini Hana menuturkan bahwa emosi anak autisme perlu dikelola sehingga dapat menerima pembelajaran secara maksimal.

“Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran anak spektrum autisme ialah emosi diri. Anak autisme masih memerlukan bantuan untuk mengelola emosinya. Mengingat belum adanya media sebagai sarana mengelola emosi, tim kami membuat media papan zona regulasi emosi untuk anak autisme,” tandasnya.

Kepala SABK Bhakti Luhur Malang Yohana Fransiska Mai Muri S. Pd. mengapresiasi proyek akhir yang dibuat oleh tim peminatan autisme. Yohana menilai bahwa zona regulasi emosi sangat diperlukan oleh siswa dengan hambatan autisme dalam mengontrol emosi. Selain itu Yohana juga mengucapkan terima kasih atas media papan zona regulasi emosi yang sudah dibuat oleh tim peminatan autisme.

Penulis: Dimas Adji Permana

Dokumentasi: Tim Studi Independen mandiri PLB UNESA peminatan autisme