fip.unesa.ac.id, Surabaya – Program Studi (Prodi) S2 Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) kembali menunjukkan komitmen dalam meningkatkan daya saing global melalui rapat kurikulum double degree bersama Dekan Pendidikan dari University of Newcastle, Prof. Susan Ledger, Ph.D. Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid melalui platform Zoom Meeting.
Pertemuan tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang 1 FIP UNESA, Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd., Koordinator Prodi S2 Pendidikan Dasar, Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D., Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran (DTPTP), Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com., serta jajaran dosen dan staf akademik terkait. Fokus utama diskusi adalah pengembangan program double degree yang akan memungkinkan mahasiswa memperoleh gelar Magister Pendidikan (M.Pd.) dari UNESA dan Master of Education (M.Ed.) dari University of Newcastle (UoN).
“Program double degree ini menjadi salah satu langkah strategis untuk memperkuat posisi UNESA, khususnya Prodi S2 Pendidikan Dasar, dalam peta pendidikan tinggi dunia,” ungkap Dr. Mujahidin, S.Pd., M.Pd., salah satu tokoh penggagas program tersebut. Ia menambahkan bahwa S2 Pendidikan Dasar menjadi pionir berkat rekam jejak kolaborasi internasional yang telah terjalin sebelumnya.
Rencana kolaborasi ini mencakup minimal satu semester perkuliahan yang wajib ditempuh di kampus UNESA sebagai institusi pengusul. Dengan keselarasan visi antara UNESA dan UoN, kedua pihak optimistis bahwa pelaksanaan program dapat direalisasikan pada tahun ini. Selain sebagai upaya internasionalisasi, program ini juga diharapkan menjadi ajang transfer pengetahuan serta penguatan jejaring akademik kedua universitas.
Harapannya program ini mampu mendorong UNESA untuk semakin bersinar di kancah pendidikan nasional maupun internasional, sekaligus mempertahankan peringkat IKU (Indikator Kinerja Utama) perguruan tinggi.
Melalui inovasi akademik seperti program double degree ini, FIP UNESA terus menunjukkan dedikasi dalam menghadirkan pendidikan berkualitas tinggi yang relevan dengan kebutuhan global. Langkah ini diharapkan tidak hanya membawa manfaat besar bagi mahasiswa dan institusi, tetapi juga memperkuat posisi UNESA di antara Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) di Indonesia.
Penulis: Dede Rahayu Adiningtyas (PGSD)