Datangkan Narasumber dari Negeri Jiran, FIP UNESA Gelar Kuliah Tamu Bagikan Strategi, Tips dan Trik dalam Menulis Artikel.

fip.unesa.ac.id Surabaya, 12 September 2024 – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) menggelar kuliah tamu dengan tema “Effective Strategy In Scientific Research Writing : Concept and Publication” secara hybrid di gedung O1 Lantai 2 FIP UNESA.

Kuliah tamu ini menghadirkan narasumber yang berasal dari Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia Profesor Dr. Nordin bin Mamat yang dimoderatori oleh Ricky Setiawan, S.Pd.SD., M.Ed. serta dihadiri oleh  Dekan Fakultas Ilmu pendidikan Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. , para dosen FIP, Serta mahasiswa FIP.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. dilanjutkan dengan penandatangan MoU serta pemberian cenderamata.

Acara tersebut dilanjut dengan pemamparan materi yang disampaikan oleh narasumber, Prof. Dr. Nordin Bin Mamat selaku Director, Centre Of Pedagogical Research And Innovation nordin, Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia. memamparkan materi terkait efektifitas strategi penulisan dalam riset sains pada Mahasiswa selingkup Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA.

Prof. Dr. Nordin Bin Mamat selaku narasumber mengungkapkan alasan mengapa Mahasiswa perlu mempublish artikel, “Kita ingin orang-orang mengetahui siapa kita, itulah mengapa kita perlu mempublish artikel” ujarnya. Tidak hanya itu ia memberikan 35 tips dan trik  menulis artikel serta menjelaskan manfaat mempublish artikel dalam prospek kerja dan meningkatkan profil. Berdasarkan materi yang ia sampaikan kuliah tamu ini bertujuan untuk memotivasi Mahasiswa dalam menulis sebuah artikel, “Menulis artikel merupakan satu pelabuhan” dalam paparannya melalui materi. Tidak hanya itu, menulis artikel dapat membantu menaikkan ranking atau kedudukan Universitas serta meningkatkan jumlah peneribtan.

Sebelum melakukan sesi tanya jawab Ricky Setiawan, S.Pd.SD., M.Ed selaku moderator memberikan Kesimpulan “Bahwa strategi dalam menulis artikel haruslah efektif” tuturnya.

Setelah pemaparan materi selesai, acara dilanjut dengan melakukan sesi tanya jawab. Melalui acara ini diharapkan bisa menjadi inspirasi dan meningkatkan minat Mahasiswa dalam menulis, mempublish  serta meningkatkan pemahaman Mahasiswa dalam menulis artikel.

Penulis                 : Khesya (TP), Ghaniya (TP), Fadilla (PGSD)

Dokumentasi      : Khesya (TP), Alfika (TP)