fip.unesa.ac.id Surabaya – Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) menerima kunjungan akademik dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Kamis, 24 Oktober 2025. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium O1 lt 1 , kunjungan ini dihadiri oleh Dekan FIP UNESA, Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si,.. serta jajaran Dosen FIP UNESA. . Dari pihak tamu, hadir Ketua Program Studi Pendidikan Inklusif Universitas Negeri Makassar, sejumlah dosen, serta mahasiswa yang mengikuti kegiatan dengan antusias. dan ini bertujuan mempererat kerjasama antar lembaga dalam pengembangan pendidikan inklusif di Indonesia.
Dalam sambutannya Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si,. menyampaikan apresiasi atas kolaborasi ini sebagai langkah strategis untuk membangun jejaring keilmuan dan praktik pendidikan luar biasa di Indonesia. “Kerjasama lintas universitas seperti ini penting untuk memperkuat riset, pengabdian masyarakat, dan pengembangan praktik pendidikan Inklusif yang relevan dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus,” ujarnya.

Selain itu perwakilan dari UNM menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari UNESA. Ia menekankan bahwa kegiatan ini tidak hanya menjadi forum silaturahmi akademik, tetapi juga ruang berbagi pengalaman antar program studi yang memiliki visi yang sama dalam mengembangkan pendidikan inklusif dan profesionalisme calon pendidik.
Koordinator Program Studi PLB UNESA Khofidotur Rofiah, M.Pd., Ph.D, menambahkan bahwa kegiatan kolaboratif seperti ini membuka peluang kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat dibidang pendidikan luar biasa.“Kami berharap dari pertemuan ini lahir kegiatan bersama yang berkelanjutan, mulai dari riset kolaboratif hingga pengembangan kurikulum inklusif yang sesuai dengan kebutuhan daerah,” ujarnya.
Salah satu mahasiswa UNM, Nella menyampaikan harapan kerjasama dan kolaborasi antara Universitas Negeri Makassar dapat terus terjalin. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam memajukan pendidikan inklusif di indonesia. “Kami merasa sangat bersyukur dan bangga mendapatkan kesempatan luar biasa untuk berkunjung ke UNESA. Melalui kegiatan ini, kami melihat langsung dan merasakan berbagai fasilitas laboratorium dan suasana kampus yang ramah,” ujarnya
Kegiatan kunjungan ditutup dengan tour laboratorium ke gedung di 06 dilanjut dengan pertukaran cinderamata, foto bersama dan harapan kunjungan ini menjadi langkah nyata menuju sistem pendidikan yang semakin inklusif, adaptif dan berkeadilan sosial.
Penulis: Rosyid (PLB)
Editor: Fadilla (PGSD)
Dokumentasi: TIM PIF