Perkuat Kolaborasi dan Mutu Akademik, PGSD FIP UNESA Lakukan Benchmarking dengan PSD UNY

fip.unesa.ac.id – SURABAYA, Kamis, 9 Oktober 2025 — Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar kegiatan Benchmarking bersama Departemen Pendidikan Sekolah Dasar (PSD) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan ini berlangsung di Gedung O1 Lantai 1 FIP UNESA dan dihadiri oleh jajaran pimpinan, dosen, serta perwakilan dari kedua institusi.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik FIP UNESA, Dr. Budi Purwoko, M.Pd., yang menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan kelembagaan antarperguruan tinggi sekaligus menjadi sarana bertukar pengalaman dalam pengelolaan program studi. “Melalui kegiatan benchmarking ini, kami berharap ada sinergi dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, serta peningkatan kualitas lulusan agar mampu menjawab tantangan pendidikan dasar di era global,” ungkapnya dalam sambutan.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Koordinator Program Studi S1 PGSD FIP UNESA, Dr. Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.; Koordinator Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Dr. Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D.; Koordinator Program Studi S3 Pendidikan Dasar, Prof. Dr. Suryanti, M.Pd.; para dosen selingkung prodi PGSD FIP UNESA, serta rombongan dosen PSD UNY. Acara dilanjut dengan Menutup kegiatan, penanda tanganan MoA (Memorandum of Agreement) oleh kedua belah pihak, guna memperkuat pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi,

Dalam sesi utama, masing-masing pihak memaparkan visi, misi, struktur organisasi, sistem akademik, hingga kurikulum yang diterapkan di program studi masing-masing. Selain itu, dilakukan pula diskusi mendalam terkait strategi implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam pernyataannya, Koordinator Prodi PGSD FIP UNESA menyampaikan apresiasi atas kehadiran tim dari UNY dan menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi langkah penting dalam membangun ekosistem pendidikan dasar yang kolaboratif dan inovatif. “Kami berharap kegiatan ini tidak berhenti pada diskusi, tetapi berlanjut pada program-program konkret yang memberikan dampak nyata bagi mahasiswa, guru, dan masyarakat luas,” ujarnya.

Penulis: Ria Risky Syah P A F (PGSD)