Pengaruh Reward, Motivasi, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar: Riset Mahasiswa S2 FIP Unesa

Intan Pratiwi Hernovianus, mahasiswa program S2 Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP Unesa), melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Sistem Reward, Motivasi dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD)”. Penelitian ini penting karena guru sebagai pelaksana utama memiliki peran sentral dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan melibatkan 87 guru SD di Kecamatan Asemrowo sebagai sampel. Dengan instrumen kuesioner valid dan reliabel, data dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui SPSS versi 26. Analisis juga meliputi uji t, uji F, pengujian asumsi klasik, dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem reward, motivasi kerja, dan etos kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Nilai R² sebesar 0,508 mengindikasikan bahwa 50,8% variabel kinerja guru dapat dijelaskan oleh ketiga faktor tersebut, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model.

Keunikan penelitian ini terletak pada analisis simultan terhadap sektor pendidikan dasar yang memberikan dukungan metodologis untuk generalisasi hasil serta aplikasinya sebagai referensi kebijakan di dunia pendidikan. Penelitian ini juga merekomendasikan perluasan variabel dan cakupan wilayah riset berikutnya.

Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan sistem reward yang tepat, peningkatan motivasi kerja guru serta pembentukan etos kerja yang kuat untuk meningkatkan kinerja guru. Hal ini berkontribusi pada pencapaian kualitas pembelajaran yang optimal di sekolah dasar.

Penelitian Intan Pratiwi ini memberikan kontribusi signifikan pada pengembangan manajemen pendidikan, khususnya dalam mendorong performa guru melalui pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek-aspek psikologis dan sistem penghargaan.