Aning Lumiati, mahasiswa Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), melakukan penelitian berjudul “Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Wates Kabupaten Kediri” tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara bimbingan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausal korelasional, melibatkan 175 siswa dari lima sekolah dasar sebagai populasi dan 100 siswa sebagai sampel proporsional. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk variabel bimbingan orang tua dan motivasi belajar, serta dokumentasi nilai rapor untuk variabel prestasi akademik. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik siswa dengan nilai signifikansi 0,880 (> 0,05). Begitu pula motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik dengan nilai signifikansi 0,941 (> 0,05). Secara simultan, kedua variabel tersebut hanya berkontribusi 0,1% terhadap prestasi akademik, menunjukkan bahwa faktor lain memegang peranan lebih besar.
Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan prestasi akademik siswa lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal dan internal lainnya seperti kualitas pembelajaran, lingkungan sosial, dan karakteristik individu siswa. Oleh karena itu, strategi peningkatan prestasi perlu melibatkan pendekatan kolaboratif yang lebih luas, termasuk program parenting dan penguatan motivasi intrinsik.
Implikasi penelitian menegaskan pentingnya peran sekolah dan keluarga dalam bersinergi untuk mendukung pencapaian akademik yang optimal. Pendekatan yang fokus pada pengembangan faktor-faktor lingkungan belajar dan karakter siswa menjadi kunci keberhasilan pendidikan.
Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan manajemen pendidikan di tingkat dasar, sekaligus memperkaya kajian ilmiah di bidang pendidikan dengan perspektif empiris yang aplikatif.