Mengawal Literasi Numerasi: Mahasiswa TP FIP UNESA Berkontribusi pada Kompetisi Nasional Sempoa

fip.unesa.ac.id, SURABAYA–Pada semester ganjil tahun akademik ini, mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) melaksanakan kegiatan magang di berbagai lembaga mitra. Salah satu mahasiswa TP, Khesya Dyanza, menjalani magang sebagai asisten coach sekaligus tim media di Training Center (TC) Sempoa YES Indonesia. Berbagai pengalaman dan pembelajaran selama kuliah ia implementasikan dalam tugas dan aktivitas magangnya di lembaga tersebut.

Sempoa dikenal sebagai alat hitung tradisional yang digunakan dalam berbagai operasi dasar matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Alat ini terdiri atas rangka kayu dengan deretan batang dan manik-manik yang dapat digeser. Meskipun sederhana dan tergolong tradisional, penggunaan sempoa terbukti dapat mengasah konsentrasi serta melatih kecerdasan logis dan ketelitian anak. Dalam pembelajarannya, terdapat empat tingkatan modul yaitu Junior, Basic, Intermediate, dan Advance. Tingkatan tersebut disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak, mulai dari tahap pengenalan angka hingga pengoperasian hitungan cepat tanpa menggunakan alat.

Sebagai bagian dari kegiatan rutin lembaga, Sempoa YES Indonesia menyelenggarakan lomba nasional bertajuk Best of Best Student Competition 2025. Kegiatan tersebut diikuti oleh 150 peserta dari berbagai daerah di luar Jawa Timur, termasuk Samarinda dan Bali. Kompetisi berlangsung pada Minggu, 12 Oktober 2025 di Fairfield by Marriott Ngurah Rai, Bali.

“Sejak tahun 1998 kami rutin menyelenggarakan kompetisi, baik di tingkat nasional, provinsi maupun internasional,” ujar Dra. Rachmajanti Darmawan selaku Head Officer Sempoa YES Indonesia.

Dalam kegiatan ini, Khesya turut berperan dalam penyusunan dan pengembangan media pembelajaran berupa alat hitung serta soal digital yang digunakan peserta di tengah jalannya kompetisi. Kontribusinya menjadi salah satu bentuk penerapan keilmuan teknologi pendidikan dalam kegiatan non formal berbasis pelatihan.

Kegiatan ini juga menjadi rangkaian awal sebelum lomba tingkat internasional yang akan dilaksanakan di Malaysia pada akhir Desember 2025.

“Senang rasanya bisa terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan besar Sempoa YES tahun ini serta berkesempatan mengimplementasikan keilmuan teknologi pendidikan melalui media pembelajaran yang digunakan peserta,” ujar Khesya.

Melalui partisipasi ini, mahasiswa TP FIP UNESA diharapkan semakin mampu berkontribusi dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi di berbagai sektor pendidikan, baik formal maupun non formal.

Penulis: Dyah Ayu (TP)

Editor: Nelly Najwa (PGSD)

Dokumentasi: Khesya Dyanza (TP)