MataKuliah Strategi Belajar Mengajar PAUD


Deskripsi

Mata kuliah ini mengkaji tentang strategi pembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran dan keterampilan mengajar yang dibutuhkan dalam pembelajaran di PAUD dengan pembelajaran yang memanfaatkan IPTEKS dalam proses perkuliahan yakni pembelajaran dengan tatap muka dan vi-learning. Dalam proses pembelajaran mahasiswa diajarkan untuk mampu menyelesaikan masalah yang muncul dengan sikap tanggung jawab, kerjasama, mandiri, dan memiliki sikap jujur serta dalam praktik diajarkan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan lembaga PAUD. Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan diskusi, ceramah, inquiri, peer teaching , penugasan, CTL, dan saintifik.


Referensi
  1. Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran . Jakarta: GP Press Group.
  2. Gunarti,Winda, dkk. Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar. Tangerang : UT. 2017
  3. Maulidiyah, Eka Cahya. Pedoman Microteaching PAUD. Tulungagung:IAIN Tulungagung press, 2017
  4. Santrock, John W. 2011.Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba
  5. Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini . Jakarta: Indeks
  6. Morrison, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Indeks: Jakarta
  7. Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. Proses Belajar Mengajar . Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
  8. Pedoman Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.
  9. Sukirman, Dadang. Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam; Kementerian Agama, 2012.
  10. TIM Penyusun. Panduan Pengajaran Mikro. Yogyakarta: UNY, 2011

Dosen Pengampu
Dewi Komalasari, S.Pd, M.Pd
NIP 198002132006042001
NIDN 0013028004
Eka Cahya Maulidiyah, S.Pd, M.Pd
NIP 199010012018032003
NIDN 2001109002