Deskripsi
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar bimbingan dan konseling yang meliputi pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan dan konseling anak usia dini. Mata kuliah ini meliputi dasar-dasar, prinsip-prinsip, ruang lingkup, pendekatan, dan teknik bimbingan dan konseling anak usia dini. Membahas tentang pelaksanaan bimbingan meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan, teknik pengumpulan data, penilaian dan membahas tentang penanganan permasalahan anak usia dini meliputi karakteristik anak, perkembangan anak, permasalahan anak, dan langkah-langkah penanganan permasalahan anak usia dini.
Referensi
- Prayitno dan Amti. 1994. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdikbud.
- Sutadi dan Deliana. Permasalahan Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud.
- Suyadi. 2009. Buku Pegangan Bimbingan Konseling untuk PAUD. Jogjakarta : DIVA Press.
- Suyanto, Slamet. 2003. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY.
- Tim Dosen PPB. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Syaodih, Ernawulan. 2003. Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Bandung: Depdiknas.
- Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier.
- Hay, William W, dkk. 2011. Current Diagnosis & Treatment Pediatric 20th Edition . New York: Mc Graw Hill Lange.
- Hairuddin, Enni K. 2014. Membentuk Karakter Anak dari Rumah . Jakarta: Gramedia.
- Illingworth, Ronald S. 1979. The Normal Child (Some Problems of The Early Years and Their Treatment) . New York: Churchill Livingstone.
- Jinan. 2011. Alhamdulillah Anakku Nakal . Jakarta: Filla Press.
- Penn, Hellen. 2005. Understanding Early Childhood . USA: Open University Press.
Dosen Pengampu