Deskripsi
Mata kuliah ini mengaji tentang pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini dengan memelajari konsep nilai agama dan moral dari para ahli, menganalisis kurikulum 2013 PAUD dan implementasinya dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini, serta menganalisis isu-isu permasalahan nilai agama dan moral dalam pembelajaran yang memanfaatkan IPTEKS dalam proses perkuliahan yakni pembelajaran dengan tatap muka dan vi-learning. Dalam pembelajaran mahasiswa didorong untuk memecahkan permasalahan dengan sikap kooperatif, tanggung jawab, jujur, mandiri, dan pantang menyerah. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah dengan ceramah, diskusi, penugasan, model problem based learning dan CTL.
Referensi
- Lilis Suryani dkk. 2008 Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dsar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Masitoh dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta:
- Siti Aisyah dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Slamet Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan an Ketenagaan Perguruan Tinggi.
- Wantah, Maria J. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan an Ketenagaan Perguruan Tinggi.
- Cheppy Haricahyono. 1995. Dimensi-dimensi pendidikan moral. Semarang: IKIP Press.
- Darmiyati Zuchdi. 2003. Humanisasi pendidikan (kumpulan makalah dan artikel tentang pendidikan nilai). Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.
- Depdiknas. 2003. Standar kompetensi pendidikan anak usia dini taman kanakkanak dan raudhatul athfal. Jakarta:Depdiknas.
- I Wayan Koyan. 2000. Pendidikan moral pendekatan lintas budaya. Jakarta: Depdiknas.
- Kirschenbaum, H. 1995. 100 ways to enhance values and morality in schools and youth settings. Massachusetts: Allyn & Bacon.
- Kurtines, William M. dan Gerwitz Jacob L. 1992. Moralitas, perilaku moral, dan perkembangan moral. Penerjemah: M.I. Soelaeman. Jakarta: UI-Press.
- Moeslichatoen R..1999. Metode pengajaran di taman kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Ciipta
- Otib Satibi Hidayat. 2000. Metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Slamet Suyanto. 2005. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat.
- Soenarjati dan Cholisin. 1994. Dasar dan konsep pendidikan pancasila. Yogyakarta: Laboratorium PMP dan KN.
Dosen Pengampu