Deskripsi
Mata kuliah ini menganalisis hakikat konten Studi Sosial dalam kurikulum serta pembelajaran anak usia dini. Menelaah multiprespektif konten studi sosial dalam pembelajaran anak usia dini. Mendeskripsikan hasil analisis sub konten studi sosial dalam pembelajaran anak usia dini. Mengembangkan desain pembelajaran tematik integratif dalam pembelajaran konten studi sosial dengan memanfaatkan IPTEKS dalam proses pembelajaraan, yakni dengan tatap muka dan Vi-learning. Dalam proses pembelajaran mahasiswa mengembangkan sikap tanggung jawab, sopan santun, peduli lingkungan, serta mampu menganalisis kebutuhan anak terhadap lingkungan sosialnya. Perkuliahan dilaksanakan dengan strategi pembelajaran melalui sistem ceramah, diskusi, inquiri, dan saintifik.
Referensi
- Ann S. Epstein. 2014. Social Studies in Preschool? Yes !. NAEYC. Karen Phillips (Young Children).
- Diana Trister Dodge, Laura J. Colker, Cate Heroman. 2002. The Creative Curriculum for Preschool . USA : Teaching Strategies Inc.
- Carol Seefeldt, Nita Barbour. 1994. Early Childhood Education An Introduction . USA: Macmillan College Publishing Company.
- Santrock. 2012. Psikologi Pendidikan Edisi 3 jilid 1 terjemahan Diana Angelica . Jakarta:Salemba Humanika.
- Gunarsa, Singgih D. Gunarsa, Yulia Singgih D. 2012. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta:Penerbit Libri.
- Mercer. 2012. Psikology Sosial. Jakarta: Erlangga.
- Sanusi Ahmad. 2008. Studi Sosial di Indonesia. Bandung: IKIP.
- Fraenkel, Jack. 2010. Helping Student Value Strategies for Teaching Study Social. New Jersey: Prentice Hall.
Dosen Pengampu