Deskripsi
Mata kuliah Pendidikan Inklusif ini memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa melalui pengkajian dan pembahasan tentang: Konsep, Landasan, Prinsip-prinsip dalam pendidikan inklusi, Indeks Inklusi, Pembudayaan Inklusi di Indonesia, Perkembangan pendidikan inklusi di dunia, Karakteristik Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Identifikasi dan Asesmen, Planning Matrix, PPI, Adaptasi Kurikulum, serta Penilaian.
Referensi
1. Budiyanto. (2011). Best Practices Inclusive Education in Japan, Australia, India, and Thailand, CRICED Tsukuba University.
2. Carrington. Suzanne, and Macarthur. Jude.(Ed). (2012). Teaching In Inclusive School Communities, John Wilay & Sons Australia,Ltd.
3. Choate. Joyce S., (2004). Pengajaran In k lusif Yang Sukses: Cara Handal untuk mendeteksi dan memperbaiki kebutuhan khusus, Hellen Keller International. Pearson Education Inc.
4. Hellen Keller International, Menjadikan Lingkungan Inklusif: Ramah Terhadap Pembelajaran (LIRP)
5. Kementrian Pendidikan Nasional, Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif , kerjasama Kementrian Australia- Indonesia.
6. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif , (2011) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
7. Pedoman Pembudayaan Pendidikan Inklusi di Indonesia, (2012), Direktorat PK-PLK Jakarta Kemndikbud.
8. Salend. Spencer J., (2011). Creating Inclusive Classrooms: Effective and Reflective Practice, Seven Edition. Boston: Pearson Education Inc.
9. Lewis, Rena B. And McLoughin, James A., (1986), Assessing Special Students , London: Charles E. Merrill Publishing Company.
Dosen Pengampu