Deskripsi
Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar bahasa Indonesia di SD yang terdiri atas konsep dasar fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, dan analisis wacana; menganalisis dan memecahkan permasalahan kesalahan berbahasa Indonesia; mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan konteks; memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan bahasa Indonesia; bangga memiliki dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara.
Referensi
- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.
- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.
- Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan.
- Pedoman Pembentukan Instilah
- Verhaar, J. W. M. 2004. Asas-asas Linguistik Umum . Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa; Struktur Internal, Pemakaian, dan Pemelajaran . Jakarta: Rineka Cipta.
- Jackson, Howard. 2007. Key Term in Linguistics . New York: Continuum
Dosen Pengampu