MataKuliah Bahasa Daerah


Deskripsi
Pemahaman dan kemampuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa daerah calon pengajar bahasa daerah di SD-MI. Aspek-aspek keterampilan yang dikembangkan memuat menyimak, membaca, berbicara, menulis, dan mengapresiasi karya sastra daerah, serta pembelajaran bahasa daerah untuk anak-anak SD-MI. Pencapaian kompetensi melalui tes tulis, kinerja, tugas / proyek, dan tugas.
Referensi
  1. Azies, Furqanul dan A.Chaedar Alwasilah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif : Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  2. Pergub Jatim, No. 19 Tahun 2014, tanggal 3 April 2014. Mata Pelajaran Bahasa Daerah Sebagai Muatan Lokal Wajib di Sekolah/Madrasah. Kurikulum Bahasa Daerah (Jawa/Madura) SD/SLB/MI 2013
  3. Purwanto, Ngalim dan Djaenah Alim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Rosda Jayaputra.
  4. Prawiroatmojo, S. 1996. Bausastra Jawa-Indonesia. Jakarta: CV Haji Masagung
  5. Padmosukotjo, S.,1986. Wewaton Panulise Basa Jawa Nganggo Aksara Jawa. Surabaya: PT Citra Jaya Murti.
  6. Padmosukotjo, S..1986. Paramasastra Jawa. Surabaya: PT Citra Jaya Murti.
  7. Subrata, Heru. 2016. Marsudi Basa lan Sastra Jawi. Sidoarjo: Zifatama
  8. Suwaji, 1993. Ngoko lan Krama. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.
  9. Subalidinata, 1994a. Kawruh Paramasastra Jawa. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.
  10. Subalidinata, 1994b. Kawruh Kasusastra Jawa. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.
  11. Sasangka, Sry Satya Catur Wisnu, 2004. Unggah-ungguh Bahasa Jawa. Jakarta: Yayasan Paramalingua.
  12. Sasangka, Sry Satya Catur Wisnu, 2004. Paramasastra Jawa Gagrag Anyar. Jakarta: Yayasan Paramaligua.
  13. Sasangka, Sry Satya Catur Wisnu, 2005. Kamus Jawa-Indonesia Krama-Ngoko. Jakarta: Yayasan Paramaligua.

Dosen Pengampu
Dr. Drs Heru Subrata, M.Si
NIP 196305071989031001
NIDN 0007056302