Deskripsi
Matakuliah ini mengkaji tentang konsep dasar evaluasi tentang program pendidikan dengan komponen-komponen pendukung maupun indikator-indikator keefektifannya untuk diidentifikasi selanjutnya dievaluasi secara sistematis, sistemik dan berkelanjutan. Subtansi matakuliah ini diarahkan pada evaluasi program pendidikan dengan tahapan: (1) penyusunan instrumen; (2) pengumpulan data, (3) analisis data; (4) pelaporan hasil evaluasi; sampai pada penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) berdasarkan hasil evaluasi untuk meningkatkan keefektifan/kinerja. Penyelesaian masalah melalui pembelajaran aktif dengan kombinasi metode diskusi, tanya jawab, pemberian tugas dan praktik, secara keseluruhan dengan bantuan media presentasi dan penggunaan laptop/PC.
Referensi
- Chelimsky, Eleanor & Shadish, William R. 1997. Evaluation for The 21 st Century; A handbook . International Educational and Professional Publisher Thousand Oaks London New Delhi: Sage Publications
- Fernandes, H.J.X. 1984. Evaluation of Educational Programs . Jakarta: National Educational Planning and Curriculum Development.
- Isaac S, & Michael, W.B. 1983. Handbook in Research and Evaluation, San Diago, California.
- aaa Morris, Lynn Lyons, Carol Taylor Fitz Gibbon, Marie E. Freemen. 1987. How to Communicate Evaluation Findings, Center for the Study of Evaluation. University of California, Los Angeles, Beverly Hills: Sage.
- Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2013. Jakarta: Depdikbud.
- Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abd. Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua . Jakarta: Bumi Aksara.
- Stuffebeam, D.L & Shinkfield, A.J. 1987. Evaluation and Enlightment for Decion Making, Columbus, OH: Ohio State University, Evaluation Center.
- Tayibnafis, Farida Yusuf . 2000. Evaluasi Program . Jakarta: Rineka Cipta. Torres, Rosalie T., Preskill,
- Hallie S & Piontek, Mary E. 1996. Evaluating Strategis for Communicating and Reporting; Enchancing Learning in Organizations , International Educational and Professional Publisher Thousand Oaks London New Delhi: Sage Publications.
- Patton,M.Q. 1987. How to Use Qualitative Methodes in Evaluation . Center for the Study of Evaluation, University of California, Los Angeles, Beverly Hills: Sage
- Tatang M Amirin. 1992. Pokok-Pokok Teori Sistem . Jakarta: Rajawali
- Worthen, B.R & Sanders, J.R. 1973. Evaluating Educational and Social Program: Guidelines for Proposal Review Onsite Evaluation Contracts and Technical Assistance, Boston: Kluwer Nyhoff.
- Worthen , B.R & Sanders, J.R. .1988. Educational Evaluation; Alternative Approaches and Practical Guidelines. New York & London: Longman.
- Hasil penelitian relevan dengan kajian evaluasi program pendidikan yang dipublikasikan pada jurnal internasional maupun nasional dan peraturan-peraturan yang relevan.
Dosen Pengampu