MataKuliah Evaluasi Program Pendidikan


Deskripsi

Matakuliah ini mengkaji tentang konsep dasar evaluasi tentang program pendidikan dengan komponen-komponen pendukung maupun indikator-indikator keefektifannya untuk diidentifikasi selanjutnya dievaluasi secara sistematis, sistemik dan berkelanjutan. Subtansi matakuliah ini diarahkan pada evaluasi program pendidikan dengan tahapan: (1) penyusunan instrumen; (2) pengumpulan data, (3) analisis data; (4) pelaporan hasil evaluasi; sampai pada penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) berdasarkan hasil evaluasi untuk meningkatkan keefektifan/kinerja. Penyelesaian masalah melalui pembelajaran aktif dengan kombinasi metode diskusi, tanya jawab, pemberian tugas dan praktik, secara keseluruhan dengan bantuan media presentasi dan penggunaan laptop/PC.


Referensi
  1. Chelimsky, Eleanor & Shadish, William R. 1997. Evaluation for The 21 st Century; A handbook . International Educational and Professional Publisher Thousand Oaks London New Delhi: Sage Publications
  2. Fernandes, H.J.X. 1984. Evaluation of Educational Programs . Jakarta: National Educational Planning and Curriculum Development.
  3. Isaac S, & Michael, W.B. 1983. Handbook in Research and Evaluation, San Diago, California.
  4. aaa Morris, Lynn Lyons, Carol Taylor Fitz Gibbon, Marie E. Freemen. 1987. How to Communicate Evaluation Findings, Center for the Study of Evaluation. University of California, Los Angeles, Beverly Hills: Sage.
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2013. Jakarta: Depdikbud.
  6. Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abd. Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua . Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Stuffebeam, D.L & Shinkfield, A.J. 1987. Evaluation and Enlightment for Decion Making, Columbus, OH: Ohio State University, Evaluation Center.
  8. Tayibnafis, Farida Yusuf . 2000. Evaluasi Program . Jakarta: Rineka Cipta. Torres, Rosalie T., Preskill,
  9. Hallie S & Piontek, Mary E. 1996. Evaluating Strategis for Communicating and Reporting; Enchancing Learning in Organizations , International Educational and Professional Publisher Thousand Oaks London New Delhi: Sage Publications.
  10. Patton,M.Q. 1987. How to Use Qualitative Methodes in Evaluation . Center for the Study of Evaluation, University of California, Los Angeles, Beverly Hills: Sage
  11. Tatang M Amirin. 1992. Pokok-Pokok Teori Sistem . Jakarta: Rajawali
  12. Worthen, B.R & Sanders, J.R. 1973. Evaluating Educational and Social Program: Guidelines for Proposal Review Onsite Evaluation Contracts and Technical Assistance, Boston: Kluwer Nyhoff.
  13. Worthen , B.R & Sanders, J.R. .1988. Educational Evaluation; Alternative Approaches and Practical Guidelines. New York & London: Longman.
  14. Hasil penelitian relevan dengan kajian evaluasi program pendidikan yang dipublikasikan pada jurnal internasional maupun nasional dan peraturan-peraturan yang relevan.




Dosen Pengampu
Dr Dra Erny Roesminingsih, M.Si
NIP 196810151998022001
NIDN 0015106804
Supriyanto, S.Pd, M.Pd
NIP 198604142015041002
NIDN 0014048601
Windasari, S.Pd, M.Pd
NIP 198903262019032015
NIDN 0026038909
Aditya Chandra Setiawan, S.Pd, M.Pd
NIP 199303262019031011
NIDN 0026039303