Deskripsi
Mata kuliah ini akan mengkaji secara mendalam tentang: Konsep dasar pendidikan inklusif; Filosofi, prinsip dasar dan regulasi; Keberagaman PDBK (karakteristik) (UU No 8 Disabilitas Fisik, mental, intelektual); Kebijakan pelaksanaan pendidikan inklusi di Indonesia (regulasi, pedoman); konsep dan implementasiPendidikan Inklusi di Indonesia (yang meliputi Sistem Penerimaan Peserta Didik, Identifikasi dan Asesmen, Adaptasi Kurikulum, Penyiapan Perangkat Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian); Tata Laksana Pendidikan Inklusif (8 Prinsip Dasar Pendidikan); Sistem Dukungan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif; Aksesibilitas dan Asistif Technologi. Pembahasan Implementasi Pendidikan Inklusif diperuntukkan bagi semua siswa di semua jenjang, jenis dan satuan pendidikan melalui pendekatan paradigma sosial PDBK dengan memasukkan nilai-nilai luhur budaya pendidikan Indonesia
Referensi
- Carrington. Suzanne, and Macarthur, Jude, Ed. 2012. Teaching In Inclusive School . John Wilay & Sons Australia, Ltd.
- Choate. Joyce S. 2004. Pengajaran Inclusive Yang Sukses: Cara Handal untuk mendeteksi dan memperbaiki kebutuhan khusus. Hellen Keller International, Pearson Education Inc.
- Salend. Spencer J. 2011. Creating Inclusive Classrooms: Effective and Reflective Practice, Seven Edition. Boston: Pearson Education Inc.
Dosen Pengampu
![](https://staticsiakadu.unesa.ac.id/photo/dosen/200/1ba6a9b3-501a-4018-b1d2-3996134ec164.jpg)
![](https://staticsiakadu.unesa.ac.id/photo/dosen/200/b2421f84-4efe-408e-ba60-d5f3f70600b8.jpg)
![](https://staticsiakadu.unesa.ac.id/photo/dosen/200/a51957f5-32bf-44b3-8385-45d979edae74.jpg)
![](https://staticsiakadu.unesa.ac.id/photo/dosen/200/9ee5d8b2-7916-4251-a094-90c0f550bc1d.jpg)