MataKuliah Pendidikan Inklusi


Deskripsi
Mata kuliah ini akan mengkaji secara mendalam tentang: Konsep dasar pendidikan inklusif; Filosofi, prinsip dasar dan regulasi; Keberagaman PDBK (karakteristik) (UU No 8 Disabilitas Fisik, mental, intelektual); Kebijakan pelaksanaan pendidikan inklusi di Indonesia (regulasi, pedoman); konsep dan implementasiPendidikan Inklusi di Indonesia (yang meliputi Sistem Penerimaan Peserta Didik, Identifikasi dan Asesmen, Adaptasi Kurikulum, Penyiapan Perangkat Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian); Tata Laksana Pendidikan Inklusif (8 Prinsip Dasar Pendidikan); Sistem Dukungan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif; Aksesibilitas dan Asistif Technologi. Pembahasan Implementasi Pendidikan Inklusif diperuntukkan bagi semua siswa di semua jenjang, jenis dan satuan pendidikan melalui pendekatan paradigma sosial PDBK dengan memasukkan nilai-nilai luhur budaya pendidikan Indonesia
Referensi
  1. Carrington. Suzanne, and Macarthur, Jude, Ed. 2012. Teaching In Inclusive School . John Wilay & Sons Australia, Ltd.
  2. Choate. Joyce S. 2004. Pengajaran Inclusive Yang Sukses: Cara Handal untuk mendeteksi dan memperbaiki kebutuhan khusus. Hellen Keller International, Pearson Education Inc.
  3. Salend. Spencer J. 2011. Creating Inclusive Classrooms: Effective and Reflective Practice, Seven Edition. Boston: Pearson Education Inc.

Dosen Pengampu
Diah Anggraeny, S.Pd, M.Pd
NIP
NIDN 0007058207
Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd
NIP 195611231985031001
NIDN 0023115601
Doktor Drs Wagino, M.Pd
NIP 196108161987031001
NIDN 0016086104
Drs Pamuji, M.Kes
NIP 196207161988031012
NIDN 0016076204