MataKuliah Manajemen Mutu Terpadu


Deskripsi

Mata kuliah Manajemen Mutu Terpadu (MMT) membekali mahasiswa untuk mampu mengkaji konsep dasar manajemen mutu terpadu (total quality management) berikut prinsip-prinsip dan piranti-piranti/alat pokok manajemen mutu terpadu, serta penjaminan mutu, yang meliputi: (a) konsep dasar penjaminan mutu: (b) sistem penjaminan mutu dalam pendidikan, yang meliputi: (1) standar mutu pendidikan; (2) sistem penjaminan mutu eksternal: akreditasi; Malcolm Baldrige Model; dan ISO 9001; Organisasi Internasional untuk Standarisasi = ISO); (3) sistem penjaminan mutu internal; peningkatan kinerja terus-menerus dengan menggunakan pendekatan, gugus kendali mutu/GKM (quality control circle) , benchmarking , implementasi manajemen mutu terpadu dalam bidang pendidikan, manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah, permasalahan-permasalahan terkait manajemen mutu terpadu dalam bidang pendidikan serta menemukan alternatif penyelesaianya. Perkuliahan dilaksanakan dengan menekankan kegiatan 6C ( Creativity, Collaboration, Communication, Compassion, Critical Thinking, Computational Logic ) yang diejawantahkan dalam kegiatan presentasi, tugas mandiri berupa analisis artikel jurnal bereputasi terindeks, dan tugas kelompok berupa observasi dengan memanfaatkan TIK.


Referensi
  1. Sallis, Edward. 2002. Total Quality Management in Education. 3rd Eds. Roudledge
  2. Arbangi, dkk. 2016. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  3. Arcaro, Jerome S. 2007. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan DanTata Langkah Penerapan. Terjemah Yosal Iriantara Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Burnham, J.W. 1997. Managing Quality in School . Great Britain: Pearson Education.
  5. Dawson, P. Dan Palmer, G. 1995. Quality Management: The Theory and Practice of Implementing Change . Melbourne: Longman.
  6. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. t.t. Sistem Penjaminan Mutu Penelitian Perguruan Tinggi (SPMPPT). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
  7. Donaldson, G. 2006. Quality Management in Education: Self Evaluation for Quality Improvement . New York: Astron, Inc.
  8. Faure, Lesley Munro & Faure, Malcolm Munro. 1992. Implementing Total Quality Management . London: Pitman Publishing
  9. Gaspersz, Vincent. 2012. Three-in-one: ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001. Bogor: Vinchristo Publication
  10. Gaspersz, Vincent. 2005. Total Quality Management. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
  11. Ghafur, A. Hanief Saha. 2010. Manajemen Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi di Indonesia: Suatu Analisis Kebijakan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  12. Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu. Makassar: CV Sah Media
  13. Juran, JM., & Godfrey, AB., 1999. Juran’s Quality Handbook. 5th Eds. McGraw-Hill
  14. Juran, J. M. 1998. Quality Planning and Analysis. Singapore: McGraw-Hill International Editions.
  15. Juran, Joseph M, Deming W. Edwards, Philip B. Crosby, and., 1998. “Quality Definition”, America.
  16. Kiran. 2017. Total Quality Management: Key Concepts and Case Studies . Amsterdam: BS Publications.
  17. Mahmud, Marzuki. 2012.Manajemen Mutu Perguruan Tinggi.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  18. Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.
  19. Prihantoro, C. Rudy. 2012. Konsep Pengendalian Mutu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  20. Ross, J.E. 1995. Total Quality Management: Text, Cases and Reading (2nd ed.). Singapore: S.S Mubaruk & Brothers Pte Ltd.
  21. Artikel dalam jurnal bereputasi yang relevan dengan substansi materi perkuliahan.


Dosen Pengampu
Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd
NIP 195611231985031001
NIDN 0023115601
Dr Karwanto, S.Ag, M.Pd
NIP 197705162010121002
NIDN 0016057703
Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd, M.Pd
NIP 197909032014042001
NIDN 0003097904
Ainur Rifqi, S.Pd, M.Pd
NIP 199008312019031009
NIDN 2131089002
Dr Mufarrihul Hazin, S.Pd.I, M.Pd
NIP 199108092022031004
NIDN 2009089102