Deskripsi
Matakuliah ini mengkaji secara teoritis dan praktis bidang manajemen layanan khusus pada lembaga pendidikan, yang meliputi: pengertian, tujuan, prinsip-prinsip, dan ruang lingkup manajemen layanan khusus. Ruang lingkup manajemen layanan khusus di lembaga pendidikan terdiri atas manajemen layanan bimbingan konseling, manajemen layanan kesehatan sekolah (UKS), manajemen kafetaria sekolah, manajemen koperasi sekolah, manajemen asrama sekolah, manajemen perpustakaan sekolah, dan manajemen transportasi sekolah.
Referensi
- Djumhur, I. dan Surya, M. 2000. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah . Bandung: CV. Ilmu.
- Fatah, N. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
- Idrus, S.A. 2008. Kinerja Manajer dan Bisnis Koperasi . Malang: UIN Malang Press.
- Kusmintardjo.1991 . Pengelolaan Layanan Khusus di Sekolah (Jilid I). Malang: Proyek OPF IKIP Malang.
- Kusmintardjo. 1992. Pengelolaan Layanan Khusus di Sekolah (Jilid II). Malang: Proyek OPF IKIP Malang.
- Lasa HS. 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah . Yogyakarta: Penerbit Pinus.
- Mustiningsih. 2005. Manajemen Layanan Khusus di Lembaga Pendidikan. Malang: Jurusan AP FIP Universitas Negeri Malang.
- Sutisna, O. 1990. Adminstrasi Pendidikan: Dasar Teoritis untuk Praktik Profesiona. Bandung: Penerbit Angkasa.
- Stoops, E. et al. 1981. Hand Book of Educational Administration: Guide for the Practioner . New York: Allyn and Bacon.
- Tim Pembina UKS Pusat. 2003. PedomanPembinaandan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah . Jakarta: Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Depdiknas.
Dosen Pengampu