Deskripsi
Mata kuliah Orientasi Mobilitas Sosial dan Komunikasi (OMSK) ini mengkaji tentang : 1) konsep dasar OMSK, yang terdiri pengertian, OMSK sebagai kebutuhan dasar, peranan dalam pendidikan dan rehabilitasi, 2) Prinsip dan Strategi Layanan OMSK yang terdiri : a) tujuan, program dan pendekatan layanan OMSK, b) system dan prosedur layanan OMSK, c) Lokasi, waktu dan pelaksanaan OMSK, 3) Pengembangan dasar keterampilan OMSK, yang terdiri : a) alat bantu OMSK, b) pengembangan indera, c) pengembangan keterampilan orientasi, d) pengembangan citra tubuh, dan pengembangan koordinasi motoric. 4) Mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis TIK. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi.
Referensi
- Purwaka Hadi. 2005. Kemandirian Tunanetra. Jakarta: Depdiknas.
- Suwandi Munawar. 2013. Mengenal dan Memahami Orientasi dan Mobilitas. Jakarta: Luxima Metro media.
- Irham Hosni. 1996. Buku Ajar Orientasi dan Mobilitas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pendidikan Tenaga Guru.
- Mukhtar dan Iskandar. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta.
- Thiagarajan Sivasailam; Dorothy S.Semmel; Melvyn I Semmel. 1974. Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children, A Sourbook. Indiana Univ Bloongminton: Center for Inovation in Teaching the Handicapped.
- Depdiknas. 2014. Program Pengembangan Kekhususan. Jakarta: Depdiknas.
- Departemen Sosial Republik Indonesia. 2002. Panduan Orientasi dan Mobilitas Panti Sosial Penyandang Cacat Netra. Jakarta:Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial.
- Dede Idawati. 2020. DESAIN KURIKULUM FUNGSIONAL Orientasi Mobilitas Sosial dan Komunikasi Tunanetra Usia 7-8 Tahun. Jakarta : Penerbit Jakad Media Publishing.
Dosen Pengampu