Deskripsi
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa melalui konsep perilaku anak spektrum autis, konsep manajemen perilaku anak spektrum autis, dan strategi/metode/model manajemen perilaku anak spektrum autis, serta keterampilan untuk merencanakan, menyusun program, melaksanakan, mengevaluasi dan menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan perilaku anak spektrum autis. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasi/menerapkan strategi/metode/model khusus untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang perilaku anak spektrum autis. Perkuliahan dilaksanakan dengan student centered learning melalui diskusi kelompok kecil, case study , dan problem based learning .
Referensi
- Cipani, E. 2018. Functional Behavioral Assessment, Diagnosis, and Treatment: A Complete System for Education and Mental Health Settings 3rd ed . New York: Springer.
- Gargiulo, RM. 2012. Special Education in Contemporary Society : an Introduction to Exceptionality, 4th ed. USA:Sage Publications, Inc.
- Hanbury, M. 2007. Positive Behaviour Strategies to Support Children and Young People with Autism . London: Sage Publication, Ltd.
- Joseph, L., Soorya, L., & Thurm, A. 2015. Autism Spectrum Disorde r. Boston: Hogrefe Publishing Corporation.
- Matson, J.L. ed. 2009. Applied Behavior Analysis for Children with Autism Spectrum Disorders . New York: Springer.
- Miller, L. 2020. Practical Behaviour Management Solutions for Children and Teens with Autism . Jessica Kingsley Publishers.
- Robert, J.M.A. & Williams, K. 2016. Autism Spectrum Disorder: Evidence-Based/Evidence-Informed Good Practice for Support Provided to Preschool Children, Their Families and Carers . Australia National Disability Insurance Agency.
- Tobin, R.M. & House, A.E. 2016. DSM-5 Diagnosis in the School . New York: The Guilford Press.
Dosen Pengampu