Deskripsi
Mata kuliah Ortopedagogik merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa melalui definisi ortopedagogik, landasan, sejarah pendidikan luar biasa, hubungannya dengan ilmu lainnya, teori, konsep, prinsip anak berkebutuhan khusus meliputi: anak tunanetra, tunarungu, tuna grahita, tunadaksa, autis, anak berkesulitan belajar, Anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa, Anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktifitas, Anak lambat belajar, klasifikasi, faktor penyebab, karakteristik dan kebutuhan khusus dalam pembelajaran serta kemampuan untuk merencanakan, memodifikasi, mengaplikasi, mengevaluasi dan memecahkan permasalahan terkait ortopedagogik dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan ortopedagogik serta menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang anak berkebutuhan khusus baik di sekolah khusus maupun sekolah inklusif. Perkuliahan dilaksanakan melalui presentasi, diskusi, tugas Chapter report, dan refleksi
Referensi
- Kauffman, James M., Hallahan. Daniel P. 2011. Handbook of Special Education. London: Taylor & Francis, Ltd.
- Sunardi. 2005. Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa .Jakarta: Dikti Depdikbud.
- Cimera. Robert Evert. 2003. The Truth about Special Education. United State America: A Screcrow Press, Inc.
- Hanson. Marci J, Lynch. Eleanor W. 1989. Early Intervention, Implementing child and family services for infants and todlers who are at-risk or disabled. United State Of America: PRO-ED, Inc.
- Gargiulo. Richard M. 2012. Special Education in Contemporary Society, An Introduction to Exceptionality. United State Of America: Sage Publication, Inc.
- Farrell, Michael. 2009. Foundations of Special Education: An Introduction . United State Of America: Blackwell Publishing
Dosen Pengampu