MataKuliah Pendidikan Inklusif


Deskripsi

Mata kuliah Pendidikan Inklusif ini memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa melalui pengkajian dan pembahasan tentang: Konsep, Landasan, Prinsip-prinsip dalam pendidikan inklusi, Indeks Inklusi, Pembudayaan Inklusi di Indonesia, Perkembangan pendidikan inklusi di dunia, Karakteristik Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Identifikasi dan Asesmen, Planning Matrix, PPI, Adaptasi Kurikulum, serta Penilaian.


Referensi
  1. Budiyanto. 2011. Best Practices Inclusive Education in Japan, Australia, India, and Thailand. Tsukuba University: CRICED.
  2. Carrington, Suzanne, and Macarthur, Jude (Ed). 2012. Teaching In Inclusive School Communities. Australia: John Wilay & Sons Australia,Ltd.
  3. Choate. Joyce S. 2004. Pengajaran Inklusif Yang Sukses: Cara Handal untuk mendeteksi dan memperbaiki kebutuhan khusus. Hellen Keller International-Pearson Education Inc.
  4. Hellen Keller International. Menjadikan Lingkungan Inklusif: Ramah Terhadap Pembelajaran (LIRP).
  5. Kementrian Pendidikan Nasional. Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif. Kerjasama Kementrian Australia- Indonesia. Jakarta: Kemdiknas.
  6. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  7. Direktorat PK-PLK. 2012. Pedoman Pembudayaan Pendidikan Inklusi di Indonesia . Jakarta: Kemdikbud.
  8. Salend, Spencer J. 2011. Creating Inclusive Classrooms: Effective and Reflective Practice, Seven Edition . Boston: Pearson Education Inc.
  9. Lewis, Rena B. and McLoughin, James A. 1986. Assessing Special Students. London: Charles E. Merrill Publishing Company.

Dosen Pengampu
Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd
NIP 195610191982031002
NIDN 0019105607
Ima Kurrotun Ainin, S.Pd, M.Pd
NIP 198302022008122006
NIDN 0002028305
Muhammad Nurul Ashar, S.Pd, M.Ed
NIP 202103047
NIDN 0016089501