Deskripsi
Mata kuliah ini membekali mahasiswa: (1) pengetahuan tentang struktur dan fungsi otak terkait dengan pembelajaran serta sistem pemrosesan informasi ABK, dan (2) keterampilan dalam menemukenali permasalahan dan mengorganisasikan alternatif pemecahan permasalahan pemrosesan informasi ABK dengan strategi pembelajaran yang tepat. Permasalahan informasi ABK yang dibahas pada kuliah ini fokus kepada individu yang hambatannya pada otak, yaitu ADHD, kesulitan berbicara, kesulitan membaca, kesulitan menulis, kesulitan matematika, gangguan emosi perilaku, spektrum autisme, dan hambatan intelektual. Perkuliahandilaksanakan dengan memanfaatkan iptek dan berpusat pada mahasiswa ( student centered learning ) melalui diskusi kelompok dan problem-based learning .
Referensi
- Fox, SI. 2003. Human Physiology, 8th ed. USA: The McGraw-Hill Company, Inc.
- Ganong, WF. 2010. REview of Medical Physiology, 23rd ed. USA: The McGraw-Hill Company, Inc.
- Gargiulo, RM. 2012. Special Education in Contemporary Society : an Introduction to Exceptionality , 4th ed. USA: Sage Publications, Inc.
- Guyton, A.C. & Hall, J.E. 2006. Textbook of Medical Physiology, 11th ed. Philadelphia: Elsevier, Inc.
- Organisation for Economic Cooperation and Development. Understanding The Brain: The Birth of a Learning Science, e-book.
- Sousa, DA. 2016. How The Special Needs Brain Learns , 3rd ed. California: Corwin Press-A Sage Company.
- Squire, L et al. 2008. Fundamental Neuroscience, 3rd ed. USA: Elsevier Inc.
Dosen Pengampu