MataKuliah SENSORI DAN PERILAKU ANAK KESULITAN BELAJAR


Deskripsi
Untuk dapat menempuh mata sensori dn perilaku anak Kesulitan Belajar mahasiswa harus terlebih dahulu menyelesaikan mata kuliah prasyaratnya yakni mata kuliah Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Mata kuliah ini merupakan rangkain kelanjutan yang membekali mahasiswa pengetahuan serta keterampilan dalam menangani (mengajar) anak dengan kesulitan belajar spesifik di sekolah tak terkecuali sekolah inklusif dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi. Mahasiswa juga diharapkan mampu untuk menentukan intervensi yang sesuai dengan karakteristik khusus anak berkesulitan belajar yang sangat beragam dimana kondisi anak berkesulitan belajar satu dan yang lainnya akan berbeda-beda. Dengan mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki pemahaman yang tepat terkait dengan sensori dan perilaku anak yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak berkebsulitan belajar baik di jalur formal maupun di jalur non formal, sehinga target akhir mahasiswa memiliki bekal untuk dapat memberikan layanan kompensatoris yang sesuai untuk peserta didik berkesulitan belajar.
Referensi

1. Baumer, Bernice H. 1996. How to Teach Your Dyslexic Child to Read . New York: Kensington Publishing Group

2. Blake, Kevin T. 2014. Dysgraphia in the Classroom . [Online]. Tersedia di http://drkevintblake.com/wp-content/uploads/2015/01/2014-cce-dysgraphia.pdf.

3. CALL Scotland. 2017. Android Apps for Learners with Dyslexia/ Reading and Writing Difficulties . http://callscotland.org.uk//.

4. Dyslexia Scotland. 2017. Strategies for 8-12 years . [Online]. Tersedia di https://unwrapped.dyslexiascotland.org.uk/info-and-support/strategies-for-812-years.

5. Eckerd, Maria. 2017. Dysgraphia: An Overview . [Online]. Tersedia di http://www.smartkidswithld.org/first-steps/what-are-learning-disabilities/dysgraphia-an-overview/.

6. Farrel, Michael. 2006. The Effective Teacher’s Guide to Dyslexia and Other Specific Learning Difficulties . New York: Routledge

7. Hargreaves, Helen.2009. A Handbook on Learning Disabilities . Ontario: Ontario’s Ministry of Children and Youth Services

8. Harwell, Joan M& Jackson, Rebecca Williams. 2008. The Complete Learning Disabilities Handbook: Ready to use Strategies & Activities for teaching students with learning disabilities . San Fransisco: Jossey-Bass

9. Harwell, Joan M. 1995. Ready to use: Information & Materials for Assessing Spesific Learning Disabilities, Complete Learning Disabilities Resource Library Vol 1 . West Nyack, New Yok: the Center For Applied Research in Education

10. Hawke, Jesse L. Hawke, et al. 2009. Gender ratios for reading difficulties . Dyslexia. 2009 August ; 15(3): 239–242. doi:10.1002/dys.389. NIH Public



Dosen Pengampu
Ima Kurrotun Ainin, S.Pd, M.Pd
NIP 198302022008122006
NIDN 0002028305
Ni Made Marlin Minarsih, S.Pd, M.Pd
NIP 199310042022032016
NIDN 0004109305