Deskripsi
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita, prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang), strategi/metode dan media (digital dan non digital) dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining, rancangan pembelajaran dan program berkaitan bina diri ATG, evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG
Referensi
1. Astati. 2011. Bina Diri Untuk Anak Tunagrahita . Bandung: Amanah Offset.
2. Donald, Walters, I. 2004. Education for Life. Terj. Oleh: Widyastuti, A. Jakarta: PT: Gramedia Pustaka Utama.
3. Sudrajat, Rosida. 2013. Pendidikan Bina Diri ABK . Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
4. Tim. 2014. Pedoman Pengembangan Diri Untuk Peserta Didik Tunagrahita . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
5. Widajati, W., Mahmudah, S. 2018. Metode ABA (Applied Behavior Analysis) Terapi Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus . Surabaya: Unipres
Dosen Pengampu
![](https://staticsiakadu.unesa.ac.id/photo/dosen/200/3d8b3862-5a7a-4f2c-896b-62b9cd288de2.jpg)
![](https://staticsiakadu.unesa.ac.id/photo/dosen/200/9bed9c2d-92cb-43b9-a18c-add67f5bd0a6.jpg)