Deskripsi
Mata kuliah pembelajaran sains dan matematika anak berkebutuhan khusus merupakan mata kuliah yang memberikan peluang di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Memastikan bahwa anak berkebutuhan khusus memiliki akses yang sama ke program STEM menjadi hal yang sangat penting. Mempelajari bagaimana aksesibilitas anak berkebutuhan khusus dapat ditingkatkan melalui STEM. Pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat sains dan matematika, strategi mengajar sains menggunakan inquiry dan mnemonics, eksperimen secara virtual, strategi manipulative dalam pembelajaran matematika dan pemecahan masalah, dan menggunakan assistive teknologi calculator dan computer. Membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pembelajaran sains dan matematika bagi anak berkebutuhan khusus untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan di kelas sains dan matematika
Referensi
Matthews, Michael R.2015.Science Teaching.New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
Mehmet Sahin, Nurettin Yorek.2009. Teaching science to visually impaired students: A small-scale qualitative study. Volume 6, No. 4. US-China Education Review, ISSN1548-6613, USA
Miner, Dorothy L., Ron Nieman, Anne B. Swanson, and Woods, Michael.2001. Teaching Chemistry to Students with Disabilities: A manual for High Schools, Coleges, and Graduate Programs. USA: The American Chemical Society
National Science Resources Center Advisory Board.1996.Resources for Teaching Elementary School Science. USA: National Academy Press
National Science Resources Center Advisory Board.1997. Science for All Children.USA: National Academy Press
Wijiastuti, Asri.2016. Bahan Ajar Pendidikan IPA, Hasil Penelitian, tidak diterbitkan
Lindenskov, Lena, 2016. Special needs in mathematics education. Denmark:Danish School of Education Aarhus
University.
Jimenez, Bree Ann, Stanger, Carol.2017. Math manipulatives for students with severe intellectual disability: a
survey of special eduation teachers.Physical Disabilities: Education and Related Services, 2017, 36(1),1-12,
doi:10.14434/pders.v36i1.22172
Dosen Pengampu