MataKuliah PEMBELAJARAN SAINSMAT BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS


Deskripsi

Mata kuliah pembelajaran sains dan matematika anak berkebutuhan khusus merupakan mata kuliah yang memberikan peluang di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Memastikan bahwa anak berkebutuhan khusus memiliki akses yang sama ke program STEM menjadi hal yang sangat penting. Mempelajari bagaimana aksesibilitas anak berkebutuhan khusus dapat ditingkatkan melalui STEM. Pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat sains dan matematika, strategi mengajar sains menggunakan inquiry dan mnemonics, eksperimen secara virtual, strategi manipulative dalam pembelajaran matematika dan pemecahan masalah, dan menggunakan assistive teknologi calculator dan computer. Membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pembelajaran sains dan matematika bagi anak berkebutuhan khusus untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan di kelas sains dan matematika


Referensi

Matthews, Michael R.2015.Science Teaching.New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

Mehmet Sahin, Nurettin Yorek.2009. Teaching science to visually impaired students: A small-scale qualitative study. Volume 6, No. 4. US-China Education Review, ISSN1548-6613, USA

Miner, Dorothy L., Ron Nieman, Anne B. Swanson, and Woods, Michael.2001. Teaching Chemistry to Students with Disabilities: A manual for High Schools, Coleges, and Graduate Programs. USA: The American Chemical Society

National Science Resources Center Advisory Board.1996.Resources for Teaching Elementary School Science. USA: National Academy Press

National Science Resources Center Advisory Board.1997. Science for All Children.USA: National Academy Press

Wijiastuti, Asri.2016. Bahan Ajar Pendidikan IPA, Hasil Penelitian, tidak diterbitkan

Lindenskov, Lena, 2016. Special needs in mathematics education. Denmark:Danish School of Education Aarhus
University.
Jimenez, Bree Ann, Stanger, Carol.2017. Math manipulatives for students with severe intellectual disability: a
survey of special eduation teachers.Physical Disabilities: Education and Related Services, 2017, 36(1),1-12,
doi:10.14434/pders.v36i1.22172


Dosen Pengampu
Diah Anggraeny, S.Pd, M.Pd
NIP
NIDN 0007058207
Dr Dra Asri Wijiastuti, M.Pd
NIP 196110131986032001
NIDN 0013106103