MataKuliah Pembelajaran Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif


Deskripsi

Melalui matakuliah pembelajaran anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif ini merupakan matakuliah yang memberikan kepada mahasiswa pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman tentang konsep, prinsip, klasifikasi, prevalensi, sebab-sebab, kebutuhan, problematika anak dengan gangguan emosi perilaku. Mengkaji kurikulum, pelaksanaan pembelajaran dan prinsip pembelajaran untuk anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif. Mengkaji bentuk merencanakan, problem solving yang terkait dengan pendidikan anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif. Mengelola proses dan layanan pembelajaran baik secara kooperatif maupun individu dalam penataan kelas, penggunaan media, dan pengembangan topik pembelajaran anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif. Mengkaji berbagai cara implementasi layanan pembelajaran dan micro teaching serta mampu membuat keputusan untuk menemukan alternatif dalam menyelesaikan permasalahan bidang pendidikan bagi anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif. Latihan studi kasus untuk menangani perilaku belajar komunikasi, emosi dan sosial anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi.


Referensi

1. Cole, P.& Lorna, Chan. 1990. Methods and Strategies for Special Education. Sydney : Prentice Hall Ltd.

2. George J. DuPAUL and Gary Stoner; 1994. ADHD IN THE SCHOOLS Assessment and Intervention Strategies. New York : The Guilford Publications, Inc.

3. Grant L. Martin; 1998. The Attention Deficit Child. USA : Published by Arrangement with Cook Communications Ministries 4050 Lee Vance View, Colorado Springs.

4. Lou Anne Johnson; 2005. Teaching Outside the Box : How to Grab Your Students by Their Brains. San Fransisco : at Jossey-Bass a Wiley Impriat 989 Market Street.

5. Riana Bagaskorowati:2010. Anak Beresiko Identifikasi, Asesmen dan Intervensi Dini. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

6. Robb Flanagen LCPC; 2005. ADHD KIDS Attention Deficit Hyperactivity Disorder . University of Illinois : Firs Published by Kids Health Inc.

7. Sri Joeda Andajani; 2019. Model Pembelajaran Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif . Surabaya: Penerbit University Press Surabaya.


Dosen Pengampu
Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd
NIP 195611231985031001
NIDN 0023115601
Drs Pamuji, M.Kes
NIP 196207161988031012
NIDN 0016076204
Prof. Dr. Sri Joeda Andajani, M.Kes
NIP 196304091988032001
NIDN 0009046309