MataKuliah PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP SEHARI-HARI


Deskripsi
Mata kuliah ini mengkaji pengertian, tujuan, fungsi, manfaat, prinsip pengembangan kecakapan hidup sehari-hari, jenis life skill (general life skill: personal skill, social skill) dan spesific life skill (academic skill, vocational skill), ciri-ciri, urgensi kecakapan hidup dalam pendidikan dan pembelajaran, asesmen kecakapan hidup, instrumen asesmen, program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari yang sesuai jenis, karakteristik, kebutuhan masing-masing anak berkebutuhan khusus dan membuat program untuk mengembangkan kecakapan hidup sehari-hari dan mengatasi masalah berkaitan dengan kecakapan hidup ABK dan PDBK, srategi, online leraning, metode, media (digital dan non digital) serta teknologi asistif dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK, analisis tugas ( task analysis ), modeling, online learning dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK, pemecahan masalah kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK melalui karya ilmiah dalam bentuk artikel atau karya lain yang berkaitan dengan pemecahan masalah kecakapan hidup ABK dan PDBK, praktek program berkaitan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK di sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK, rancangan wirausaha dan laporan praktek program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK di masyarakat, sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK dan PDBK. Perkuliahan dilaksanakan dengan metode pembelajaran studi kasus, project based learning, problem based learning
Referensi
  • Wikasanti, E. 2014. Pengembangan Life Skill untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Maxima.
  • World Health Organization. 2020. Life Skills Education School Handbook. http://apps.who.int/iris
  • Prajapati, R., Sharma, B.,& Sharma, D. (2017). Significance of life skills education. Contemporary Issues in Education Research, 10(1), 1–6.
  • Anggraeni, G. 2009. Pendidikan Kecakapan Hidup . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjend Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  • Donald, W., I. 2004. Education for Life. Terj. Oleh: Widyastuti, A. Jakarta: PT: Gramedia Pustaka Utama


Dosen Pengampu
Dr Dra Endang Pudjiastuti Sartinah, M.Pd
NIP 195910301986032002
NIDN 0030105905
Dr. Dra Wiwik Widajati, M.Pd
NIP 196204181987032001
NIDN 0018046201