Deskripsi
Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang teori dan praktek dari teori konseling kognitif-perilaku, yang meliputi: kajian konsep, pandangan tentang sifat dasar manusia, formulasi teoretik tentang gangguan perilaku, metode konsleing (tujuan, teknik, dan proses), aplikabilitas, kritik, latihan/praktek menganalisis gangguan perilaku dari suatu kasus, merancang dan mempraktekkan program konseling berdasarkan teori konseling kognitif-perilaku. Perkuliahan dilaksanakan dengan secara luring dan daring dengan merenerapkan metode pembelajaran aktif ( active learning ) seperti pembelajaran berbasis masalah atau pembelajaran berbasis proyek. Penilaian terhadap keberhasilan mahasiswa ditetapkan berdasarkan nilai keaktifan dalam mengikuti seluruh proses perkuliahan, penyelesaian tugas terstruktur, dan ujian.
Referensi
- Corey, G. 2017. Theory and practice of counseling and psychotherapy 10th ed . Boston: Cengage learning (e-book). Fall, K.A, Holden, J.M., Marquis, A. 2017. Theoretical models of counseling and psychotherapy . Taylor & Francis (e-book).
- Sommers-Flanagan, J., Sommers-Flanagan, R. 2015. Counseling and psychotherapy theories in context and practice; skills, strategies, and techniques . John Wiley & Sons .
- Sharf, R.S. 2012. Theories of Psychotherapy and Counseling: Concepts and Cases , 5th Edition. Belmont, CA Brooks/Cole, Cengage Learning.
Dosen Pengampu