Deskripsi
Mata kuiah ini membelajarkan mahasiswa tentang konsep dan praktek dalam penelitian dari pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan campuran. Bahan kajian meliputi: konsep dasar penelitian; beberapa pendekatan dalam penelitian; masalah dan tujuan penelitian; kajian konsep, teori dan hasil penelitian terdahulu; populasi, sampel, dan subyek penelitian; variabel penelitian; teknik dan instrumen pengumpul data; teknik analisis data; teknik dan aturan pengutipan; usulan penelitian; dan laporan hasil penelitian. Sistem perkuliahan pada masa pandemi C-19 dilaksanakan secara daring dengan komposisi minimal enam kali pertemuan virtual (sinkronos) dan sembilan kali asinkronos melalui metode pembelajaran berbasis proyek.
Referensi
- Ary, D., Jacobs, L.C., & Sorensen, C. 2010. Introduction to Research in Education, Eight Edition. Belmont, CA: Wadworst Cengage Learning.
- Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research: Competencies for Analysis and Applications, Tenth Editions. New jersey: Pearson.Creswell, J.W. 2012. Research Design: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods Approach. Research. Los Angeles: Sage Publication.
- Creswell, J.W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Fourth Edition. Boston: Pearson.
- Siyoto, S. & Sodik, A. 2015. Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
- Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu
Dosen Pengampu