Deskripsi
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar kepribadiandan pengembangan kepribadian seorang guru yang meliputi konsep dasarkependidikan, konsep dasar kepribadian, kemampuan untuk mengenal diri melaluikarakter, konsep diri, bakat, intelegensi, sikap dan perilaku, kemampuanmengembangkan guru professional melalui kompetensi guru, etika guru, manajemenkelas, dan keahlian memecahkan masalah olehguru yang efektif. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistemdiskusi, studi kasus, dan presentasi
Referensi
- Arend, Richard I. BelajarUntuk Mengajar. Buku I. 2013.Jakarta: Salemba Empat
- Criuckshank,Donald R., Bainer Jenkins, Deborah., and Kim K Metcalf.Perilaku Mengajar. Buku I. 2014. Jakarta. Salemba Empat
- Criuckshank,Donald R., Bainer Jenkins, Deborah., and Kim K Metcalf.Perilaku Mengajar. Buku II. 2014. Jakarta. Salemba Empat
- Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku I. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
- Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
- Kartini,Kartono. Teori Kepribadian. 2005. Bandung: Mandar Maju
- Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa
- Sobur, Alex. Psikologi Umum. 2010. Bandung: PustakaSetia
Dosen Pengampu