MataKuliah Pengembangan Kepribadian


Deskripsi

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar kepribadiandan pengembangan kepribadian seorang guru yang meliputi konsep dasarkependidikan, konsep dasar kepribadian, kemampuan untuk mengenal diri melaluikarakter, konsep diri, bakat, intelegensi, sikap dan perilaku, kemampuanmengembangkan guru professional melalui kompetensi guru, etika guru, manajemenkelas, dan keahlian memecahkan masalah olehguru yang efektif. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistemdiskusi, studi kasus, dan presentasi


Referensi
  • Arend, Richard I. BelajarUntuk Mengajar. Buku I. 2013.Jakarta: Salemba Empat
  • Criuckshank,Donald R., Bainer Jenkins, Deborah., and Kim K Metcalf.Perilaku Mengajar. Buku I. 2014. Jakarta. Salemba Empat
  • Criuckshank,Donald R., Bainer Jenkins, Deborah., and Kim K Metcalf.Perilaku Mengajar. Buku II. 2014. Jakarta. Salemba Empat
  • Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku I. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
  • Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
  • Kartini,Kartono. Teori Kepribadian. 2005. Bandung: Mandar Maju      
  • Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa
  • Sobur, Alex. Psikologi Umum. 2010. Bandung: PustakaSetia

Dosen Pengampu
Dr. Drs Retno Tri Hariastuti, M.Pd
NIP 196702241998022001
NIDN 0024026703
Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si
NIP 196805031994031003
NIDN 0003056807
Elisabeth Christiana, S.Pd, M.Pd
NIP 196904172003122001
NIDN 0017046907
Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd, M.Pd
NIP 198712302015041001
NIDN 0030128704