Deskripsi
Mata kuliah ini menyajikan materi berkenaan dengan modifikasi perilaku seperti: prinsip-prinsip respondent behaviour dan respondent conditioning, prinsip-prinsip operant behaviour dan operant conditioning, prinsip-prinsip reinforcement, extinction dan spontaneous recovery, pembentukan perilaku baru, kontrol stimulus, prinsip-prinsip punishment, prosedur-prosedur lain untuk melemahkan atau menghilangkan perilaku yang ingin diubah, dan asesmen perilaku. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara ceramah bervariasi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan studi kasus. Penilaian dilakukan dengan cara Partisipasi, UTS, UAS, tugas.
Referensi
- Martin, Garry & Pear Joseph. 2013. ModifikasiPerilaku, EdisiKesepuluh (Terj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Skinner, B.F. 2013. Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia (Terjemahan). Yogyakarta: PustakaPelajar.
- Miltenberger, R. G. (2011). Behavior modification: Principles and procedures. Cengage Learning.
- Kazdin, A. E. (2012). Behavior modification in applied settings. Waveland Press.
- Martin, G., & Pear, J. J. (2019). Behavior modification: What it is and how to do it. Routledge.
- Jembarwati, O. (2015). Modifikasi Perilaku Untuk Pengenalan Diri Dalam Membentuk Sikap Positif Peserta Didik. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 57-62.
- Aziz, A. N. S. (2020). Modifikasi Perilaku Terhadap Anak. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 5(1), 13-21.
Dosen Pengampu