Deskripsi
Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang proses pengembangan program bimbingan dan konseling sekolah berdasarkan pada kerangka kerja perkembangan atau yang dikenal dengan Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Program yang dikembangkan berupa program tahunan/semesteran dan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL). RPL yang dikembangkan meliputi empat jenis layanan, yakni: layanan bimbingan klasikal (Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbimgan Klasikal), layanan bimbingan kelompok (Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok), layanan konseling individual (Rencana Pelaksanaan Layanan Konseling Individual), dan layanan konseling kelompok (Rencana Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok). Keempat jenis layanan tersebut mencakup bidang pribadi, sosial, belajar, dan karier. Prosedur pembelajaran yang digunakan untuk mencapai capaian pembelajaran yakni; pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek.
Referensi
- Gysbers, N.C, & Henderson, P. 2012. Developing and Managing Your School Guidance Programs. Alexanderia, Virginia; American Assosiation for Counseling and Development.
- Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
- Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.
- Yusuf, S., & Nurihsan. 2019. Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Yusuf, S. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Dosen Pengampu