Deskripsi
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar Konseling sebagai suatu bentuk hubungan interpersonal, Karakterisitik konselor efektif, Peran KDK dalam membangun hubungan interpersonal, kondisi fasilitataif hubungan konseling, bentuk keterampilan attending, bentuk keterampilan mendengarkan, respon tindakan. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran langsung, penugasan mandiri, dan diskusi kelompok.
Referensi
Cormier, WH., & Cormier, LS. 1985. Interviewing Strategies for Helper. Fundamentals Skills and Cognitive Behavioral Interventions. 2nd Ed. California: Brooks/Cole Publishing Company. Cormier, S., Nurius, P.S., Oborn, CJ. 2017. Intervewing and Change Strategies for Helper . 8th Ed. Boston: Cengage Learning. Darminto, E., dkk. 2006. Panduan Praktek Keterampilan Dasar Konseling. Surabaya: Prodi Bimbingan dan Konseling, Jurusan PPB FIP UNESA. Egan, Gerard. (1991). The Skilled Helper. California: Brooks/Cole Publishing Company. Egan, Gerard & Reese, RB. 2019 . The Skilled Helper: A Problem Management and Opportunity-Development Approach to Helping. 11th Ed . Boston: Brooks/Cole Publishing Company. Hackney, H.L., & Cormier, L.H. 2001. The Professional Counselor. A Process Guide to Helping. Boston: Allyn & Bacon Hackney, H.L., & Bernard, J.M. 2016. Professional Counseling: A Process Guide to Helping. 8th Ed. Boston: Allyn & Bacon.
Dosen Pengampu