MataKuliah PENGEMBANGAN DIRI ABK


Deskripsi

Pengkajian dan pemahaman tentang pengertian, landasan, tujuan, aspek-aspek pengembangan diri anak berkebutuhan khusus (efikasi diri, harga diri, kepribadian, kognitif, sosio-emosi, psikososial, perilaku, moral, karakter, konsep diri, komunikasi, motivasi intrinsik, kemadirian, self regulated, problem solving, kreativitas, life skill, self care, activities of daily living dan pengembangan diri ABK lainnya) dan teori yang mendasari pengembangan diri ABK, kaitan multiple intelligences dengan pengembangan diri ABK, metode pengembangan diri ABK, asesmen dan program pengembangan diri ABK (meliputi: aspek yang akan dikembangkan, tujuan, media, bahan, alat, waktu, tempat, langkah-langkah, evaluasi, tindak lanjut), program khusus bagi ABK (anak tunanetra, tunarungu wicara, tunagrahita, tunadaksa, autis, dan anak berkebutuhan khusus lainnya), evaluasi program pengembangan diri anak berkebutuhan khusus, implementasi teori yang berkaitan dengan pengembangan diri ABK dalam praktek pembelajaran dan penelitian tentang ABK


Referensi

  • Alan Pritchard. 2009. Ways of L earning . New York: Routledge.
  • Bieler, R.B., et.al. 2012. Early Childhood Development and Disability . World Health Organization, ISBN 978 92 4 150406 5 NLM classification: WS 368), http://www.who.int/about/licensing/copyright_form/en/index.htm.
  • Malbogat, M. 2017. Special Educational Needs. Cambridge Assesment International Education , info@cambridgeinternational.org or visit www.cambridgeinternational.org/events.
  • Nucci, L., Krettenauer, T., Narvaez, D. 2014. Handbook of M oral and C haracter E ducation . New York: Routledge.
  • Preiss, D. D., Sternberg, R. J. 2010. Innovations in E ducational P sychology: P erspectives on L earning, T eaching, and H uman D evelopment . New York: Springer Publishing Company, LLC, ISBN 978-0-8261-2162-2, E-book ISBN: 978-0-8261-2163-9.
  • Slavin, R E. 2009. Educational Psychology : Theory and Practice , 9th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.
  • Switzky, H.N. 2006. Mental Retardation, Personality, and Motivational Systems. International Review of Research in Mental Retardation , Vol. 31, Elsevier Academic Press, www.books.elsevier.com, ISBN-13: 978-0-12-366231-6, ISBN-10: 0-12-366231-1.
  • Switzky, H.N. 2008. Personality and Motivational Differences in Persons with Mental Retardation. Taylor & Francis e-Library , ISBN 0-8058-2570-3, ISBN 1-4106-0169-2.
  • The United Nations Children’s Fund. 2007. Promoting the Rights of Children with Disabilities. Innocenti Digest , UNICEF, ISBN: 978-88-89129-60-9, ISSN: 1028-3528.



Dosen Pengampu
Dr. Dra Wiwik Widajati, M.Pd
NIP 196204181987032001
NIDN 0018046201