Deskripsi
Mata kuliah ini bertujuan mengantarkan mahasiswa menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai pengajar atau dosen pada jenjang S1 bimbingan dan konsleing dan sebagai penyelia pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. Untuk memperoleh penguiasaan kompetensi sebagai dosen S1 bimbingan dan konseling, mahasiswa dibimbing untuk melakukan praktek mengajar tersupervisi di jenjang S1 bimbingan dan konseling di suatu perguruan tinggi yang terdapat jurusan bimbungan dan konseling. Untuk menguasai kompetensi sebagai penyelia, mahasiswa dibimbing untuk melakukan evaluasi terhadap perencanaana dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di satu sekolah menengah yang ditunjuk oleh lembaga. Mahasiswa berkewajiban untuk membuat laporan tertulis dari dua kegiatan tersebut dan menyerahkan kepada dosen pembimbing.
Referensi
- Joyce, B.R., Weil, M., & Calhoun, E. 2015. Model of Teaching, 9th Edition. London: Pearson
- South Carolina Guidance and Counseling Writing Team. 2008. T he South Carolina Comprehensive Developmental Guidance and Counseling Program Model A Guide for School Counseling Programs, Prekindergarten through Grade Twelve . South Carolina: South Carolina Department of Education.
- Darminto, E. 2021. Model Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling Perkembangan. Surabaya: Hand Out.
- _____________ 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Tersedia: https://jdih.kemdikbud.go.id › arsip › Permendikb...
- Gysbers, N.C. & Henderson, P. 2012. Developing and Managaing Your School Guidance and Counseling Program, Fifth Edition. Alexandria, USA: American Counseling Association
Dosen Pengampu