MataKuliah Metedologi Penelitian Pendidikan Luar Biasa


Deskripsi


Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis tentang; (1) konsep dasar metodologi penelitian PLB (paradigma, konsep, preposisi,teori, metodologi, pendekatan, desain dan prosedur penelitian, identifikasi dan perumusan masalah penelitian, variabel penelitian, kajian teori, kerangka pikir, hipotesis penelitian, pertanyaan penelitian, populasi penelitian, sampel dan teknik sampling, subjek dan setting penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data), (2) Jenis penelitian yang relevan di PLB (Eksperimen, SSR, Expost Facto, PTK, Fenomenologi, etnografi pendidikan, dan analisis wacana/teks), (3) Penyusunan dan desiminasi pra proposal tesis beserta instrumen penelitian, (4) teknik penyusunan tesis dan teknik penulisan artikel ilmiah pada jurnal.




Referensi
  1. Creswell, J.W. 2009. Research Design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. California : SAGE Publications.
  2. Denzin, Norman K.; Lincoln, Yvonna S. (second edition). 2000. Hand Book of Qualitatif Research. Terjemah Daryatno dkk. 2009. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Hopkins,David. 2008. A teacher’s guide to classroom research. New York: Mc Graw Hill
  4. Khotari,C.R. 2004. Research Methodology (Methods and Techniques). New Delhi: New Age International (P) Limited.
  5. McMillan, J.H., & Schumacher, S. (2010). Research in Education: Evidance-based Inquiry . New Jersey : Pearson Education.
  6. Neuman, W.L.2005. Social Research Methods Qualitative and Quantitatif Approaches.( 85). Printed in the USA.
  7. Sunanto, Juang; Koji Takeuchi; Hideo Nakata. 2005. Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Tsukuba: CRICED Universitas of Tsukuba.

Dosen Pengampu
Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd
NIP 195703101984032001
NIDN 0010035705
Dr Dra Endang Purbaningrum, M.Kes
NIP 195810201985032010
NIDN 0020085805