MataKuliah Pengembangan Teori dan Praktik Supervisi Pendidikan


Deskripsi

Mata kuliah pengembangan teori dan praktik supervisi pendidikan membekali mahasiswa untuk mampu berinovasi dalam mengembangkan pengetahuan bidang manajemen pendidikan dengan mengabtraksi teori dan konsep supervisi pendidikan, pendekatan, teknik dan pengembangan instrumen sehingga menghasilkan pemikiran dan rancangan baru tentang supervisi pendidikan yang fleksibel dan visibel, serta dapat mengimplementasikannya dalam pelaksanaan tugas dan perannya dalam dunia pendidikan melalui proses eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi yang menghasilkan karya.


Referensi
  1. Glickman, CD., Gordon, SP., & Ross-Gordon, JM. 2013. The Basic Guide to Supervision and Instructional Leadership. USA: Pearson
  2. Bafadal, I. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Bernard, Jenine M. and Rodney K. Good Year. 1992. Fundamentals of Clinical Supervision. Boston: Allyn and Bacon.
  4. Burhanuddin, dkk. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
  5. Glickman, C.D. 1981. Developmental Supervision: Alternative for Helping Teachers Improve Instructions. Virginia, Alexandria: ASCD.
  6. Imron, A. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Marks, Sivo James R. 1985. Handbook of Educational Supervision: a Guide for Practitioner. Boston: Allyn Bacon, Inc.
  8. Neagley, Rose L. and Evan, N. 1980. Handbook for Effective Supervision of Instruction. Englewood Eliffs: Prentice Hall, Inc.
  9. Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Todays School. New York: Longman.
  10. Prasojo, D.L dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
  11. Sagala, S. 2012. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
  12. Sahertian, A. P. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
  13. Sergiovanni, T. and Starrat, R.J. 1983. Supervisions: Human Perspective. New York: Mc. Graw Hill Book Company.
  14. Suhardan, D. 2014. Supervisi Profesional: Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajarandi Era Otonomi Daerah.
  15. Tim Pengembang Bahan Ajar LPPKS. 2017. Supervisi Akademik dan Penilaian Kinerja Guru. Solo: LPPKS Indonesia.
  16. Wiles, Kimball. 1987. Supervision for Better School. New York: Prentice Hall, Inc

Dosen Pengampu
Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd
NIP 195611231985031001
NIDN 0023115601
Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd, M.Pd
NIP 197909032014042001
NIDN 0003097904