Deskripsi
Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang beberapa pendekatan dan teori koseling yang tergolong populer. Ada lima pendekatan yang dikaji, yakni: afektif, perilaku, kognitif-perilaku, dan postmodern, pendekatan system, dan multikultural. Sedangkan teori konseling yang dikaji adalah teori konseling psikoanalisa, Adlerian, eksistensial, Rogerian (dari pendekatan afektif), teori perilaku dan realita (dari pendekatan perilaku), teori konseling kognitif Beck dan rasional-emosi-perilaku (dari pendekatan kognitif-perilaku), konseling singkat berbasis solusi (dari pendekatan postmodern), konseling system keluarga (pendekatan system), dan konsleing multicultural (pendekatan multicultural). Pembelajaran dilaksanakan denga menggunakan metode yang menekankan pada keterlibatan aktif mahasiswa ( active learning ) selama 14 kali pertemuan. Keberhasilan mahasiswa ditetapkan berdasarkan hasil ujian tengah semester (pertemuan ke 8) dan ujian akhir semester (pertemuan ke 16).
Referensi
- Corey, G. 2017. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy, Tenth Edition. Boston: Cengage Learning.
- Fall, K.A., Holden, J.M., & Marquis, A. 2017. Theoretical Models of Counseling and Psychotherapy, 3rd Edition. New York: Routledge.
- Flanagan, J.S. & Flanagan, R.S. 2015. Counseling and psychotherapy theories in context and practice: skills, strategies, and techniques, 2nd ed. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.,.
- Sharf, R.S. 2012. Theories of Psychotherapy and Counseling: Concepts and Cases, 5th Edition. Belmont, USA: A Division of Cengage Learning, Inc.
- Ivey, A., DāAndrea, M., Ivey, M.B., & Simek-Morgan, L. 2009. Theory of Counseling and Psychotherapy, A Multicultural Perspective, 6th ed. Boston: Pearson Education, Inc
Dosen Pengampu