Deskripsi
Mengembangkan pemahaman tentang landasan teori bimbingandan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, dan praktik-praktik pelaksanaannya disekolahatau pendidikanpadaumumnya. Bahasanmengenai teori-teori yang terkait dengan anak berkebutuhan khusus, aplikasi teori-teori tersebut dalam proses dan teknik bimbingan dankonselingbagianakberkebutuhankhusus,antaralaindalammemecahkanmasalah-masalah anak berkebutuhan khusus. Perkuliahan diakhiri denganpenyusunan paper yang mendeskripsikan suatu permasalahan anak berkebutuhankhusus, danpenyusunanstrategibimbingannya berdasarkan suatu sudut pandang teoritertentu untuk memecahkannya. Paper tersebutberpeluang untuk menjadi calon penelitian pengembangan ataueksperimen bimbinganbagianakberkebutuhankhususyangbisadirencanakandalambentuktesis.
Referensi
- Capuzzi, D. &Gross, D.R. 2012. Counseling and Psychotherapy: Theories and Intervent Pearson. Prentice-Hall
- Gerald Corey. 2011. Theoryand Practice of Counseling and Psychotherapy . Brooks/Cole
- Parrot, L. 2012. Counseling and Psychotherapy . Brooks/Cole
- Seligman,L.. 2012. Theories of Counseling and Psychotherapy . Pearson Prentice-
- Sharf,R.S. 2011. Theoriesof Psychotherapies and Counseling:Concepts. Brooks/Cole
Dosen Pengampu