fip.unesa.ac.id SURABAYA – Manajemen Pendidikan (MP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) gelar kunjungan profesor pada 9 Desember 2024 di gedung O1 lantai 1 dengan mengusung tema “Future Focused Research: Educational Management and Leadership in Higher Education Institutions to Enhance the Achievement of the SDGs” dengan mengundang pembicara dari The Education of University Hong Kong, Assoc. Prof. Gumus Sedat.
Dekan FIP UNESA, Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kunjungan profesor ini merupakan komitmen UNESA untuk meningkatkan SDGs dengan menjelajahi solusi inovatif. Kunjungan profesor ini akan dilaksanakan dalam dua pertemuan, pertemuan pertama dilakukan secara tatap muka yang berfokus pada SDGs dan pertemuan kedua yang akan dilakukan secara virtual dengan membahas standar menerbitkan jurnal bereputasi.
Pada pertemuan pertama Assoc. Prof. Gumus Sedat mengangkat topik SDGs nomor 4 dan 10, tentang Pendidikan Berkualitas dan Pengurangan Kesenjangan di dalam dunia pendidikan. Assoc. Prof. Gumus Sedat menekankan bahwa di dalam dunia pendidikan setiap orang harus memiliki akses yang setara.
Menurut Assoc. Prof. Gumus Sedat manajemen pendidikan dan kepemimpinan di institusi pendidikan tinggi memiliki peran penting untuk meningkatkan pencapaian SDGs saat ini, dengan fokus pertama di bidang manajemen secara umum dan kedudukan yang lebih tinggi adalah manajemen pendidikan. Ia percaya bahwa manajemen pendidikan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup lembaga pendidikan, sehingga hal itu harus dimiliki oleh para pemimpin.
Tantangan tersulit menurutnya dalam mengintegrasikan SDGs dalam institusi sekolah adalah menjaga kesetaraan dan keadilan dari berbagai latar belakang budaya dan ekonomi. Maka dari itu, kepemimpinan yang efektif bukan hanya tentang gelar atau posisi, tetapi juga tentang tindakan nyata dan pengaruh yang diberikan kepada peserta didik tak terlepas dukungan dari guru, keluarga, dan lingkungan sekolah dalam mengembangkan potensi kepemimpinan siswa. Ia percaya bahwa dengan dukungan yang tepat, siswa dapat mencapai prestasi yang luar biasa. “Saya harap kepada seluruh para kepala institusi pendidikan atau siapapun yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan agar membuat perbedaan dan perubahan dan semoga dapat berkontribusi khususnya bagi siswa yang belum diuntungkan karena posisi pemimpin sangatlah krusial,” harapnya. .
Penulis: Nadea Diva Nurfin Afrilia (BK), Florencya Agatha Damasitha (MP), Dyah Ayu Hardiyanti (TP), Florencya