Kembangkan Model Proseam, Vicy Raih Gelar Doktor Teknologi Pendidikan ke-141 di FIP UNESA

fip.unesa.ac.id, SURABAYA—Vicy, M.Pd. resmi menyandang gelar Doktor Teknologi Pendidikan setelah menjalani Ujian Terbuka Disertasi Program S3 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) pada Semester Genap Tahun Akademik 2024/2025. Ujian terbuka tersebut digelar pada Senin, 7 Juli 2025 di Ruang Sidang Fakultas Ilmu Pendidikan, Gedung O1 Lantai 2, FIP UNESA.

Dalam disertasinya yang berjudul “Pengembangan Model Project Based Seamless Learning (Proseam) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Penerapan Prosedur pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran di Program Studi PAUD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo,” Vicy menghadirkan gagasan inovatif yang mengintegrasikan pendekatan project based learning dengan seamless learning secara adaptif dan fleksibel.

Melalui penelitian yang melibatkan mahasiswa Program Studi PG-PAUD semester 3 dan 5, Vicy menemukan bahwa model Proseam efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan prosedur. Mahasiswa tidak hanya mampu memahami materi secara konseptual, tetapi juga menerapkannya dalam konteks nyata secara mandiri.

“Proseam dirancang untuk menjawab tantangan pembelajaran masa kini. Ia fleksibel, lintas ruang dan waktu, serta mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran digital,” terang Vicy dalam paparannya.

Ujian terbuka tersebut dipimpin oleh Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. selaku Ketua Penguji, didampingi oleh Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. dan Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. sebagai promotor. Hadir pula tim penguji dari UNESA dan UIN Sunan Ampel Surabaya. Salah satu penguji eksternal, Prof. Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag., turut memberikan masukan terkait strategi diseminasi dan branding model Proseam kepada publik.

Menjawab hal tersebut, Vicy menyampaikan bahwa ia telah memulai inisiasi melalui media sosial dan kegiatan workshop, namun akan terus mengembangkan strategi lebih luas agar model ini dikenal secara nasional.

Berdasarkan hasil sidang, Vicy meraih nilai akhir 87,62 dengan IPK 3,84 dan dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan. Ia menjadi doktor ke-141 yang diluluskan oleh Program Studi S3 Teknologi Pendidikan UNESA. Pencapaian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan model pembelajaran yang lebih kontekstual, kolaboratif, dan relevan dengan kebutuhan pendidikan abad ke-21.

Penulis: Zahira Auliya Soekandar (PGSD)

Editor: Nelly (PGSD)

Dokumentasi: Nur Filaily Firani (TP)