Mustain Raih Gelar Doktor dengan Model Pembelajaran ‘MUSTAIN’ untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris di Universitas KH. Bahaudin Mudhary Madura


fip.unesa.ac.id SURABAYA – Terinspirasi oleh rekan sejawat yang menerapkan model pembelajaran “of the text,” Dr. Mustain S.Pd., M.Pd., Dosen Universitas KH. Bahaudin Mudhary Madura, berhasil meraih gelar doktor pada Kamis, 30 Januari 2025. Ia meraih gelar tersebut melalui ujian terbuka di Program Studi S3 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA).

Ujian terbuka ini diselenggarakan secara hybrid dan dihadiri oleh dewan penguji yang terdiri dari dari Prof.Dr.Moch.Nursalim M.Pd (Ketua Penguji), Prof. Dr. Mustaji,M.Pd (Sekretaris penguji/promotor), Prod.Dr.Bachtiar Syaiful Bahri,M.Pd (Anggota penguji / Kopromotor),Prof.Dr.Andi Kristanto,M.Pd (Anggota Penguji/Kopromotor), Dr. Andi Mariono,M.Pd. (Anggota Penguji), Dr. Lamijan Hadi Susarno,M.Pd (Anggota Penguji) dan Prof.Dr.Nur Hikmah,M.Pd (Anggota Penguji Eksternal).

Dalam  disertasinya yang berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Seamless Learning untuk Meningkatkan Pengetahuan Konsep dan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa di Universitas KH. Bahaudin Mudhary Madura.” Ia mengembangkan model pembelajaran inovatif yang diberi nama MUSTAIN, yang diambil dari nama penemunya sendiri.

Model pembelajaran ini terbukti efektif, terlihat dengan adanya perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test mahasiswa, khususnya dalam meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Inggris.

Dalam penelitian tersebut, mahasiswa Program Studi Teknik Industri di Universitas KH. Bahaudin Mudhary Madura difasilitasi dengan digital tools yang mendukung pembelajaran mereka. Penggunaan teknologi ini terbukti berhasil meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Inggris mereka, memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep dan keterampilan menulis mereka.

Ia berharap model ini dapat diterapkan secara luas untuk meningkatkan mutu pendidikan, terutama dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris. “Harapannya, model ini dapat diimplementasikan untuk memajukan kualitas pendidikan dan menjadi perhatian bagi pengembangan pendidikan di masa depan,” ungkapnya dengan penuh harapan.

Dengan inovasi ini, ia menunjukkan komitmennya terhadap kemajuan pendidikan di Universitas KH. Bahaudin Mudhary Madura dan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan metode pembelajaran di Indonesia.

Penulis : Ria Risky Syah Putri Ayu Fadilla