Ciptakan dan Kenalkan Inovasi Dalam Pendidikan, Program Studi TP FIP UNESA adakan Pameran Pendidikan

fip.unesa.ac.id, SURABAYA – Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) gelar Edutech Creative Product 2024, pameran bertema “Fly Towards the Future with Creative Innovations” pada Selasa, 4 Juni 2024 di Gedung O5 FIP lantai 3. Tema pameran ini dipilih mahasiswa karena ingin karya tidak hanya sebatas pajangan namun ada nilainya.

Pameran ini diselenggarakan dalam rangka memamerkan karya mahasiswa sebagai pengganti Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Multimedia Interaktif, Pembelajaran Berbasis TIK, Pengembangan Media Video/Televisi, dan Pengembangan Media Model dan Realia untuk mahasiswa angkatan 2022 serta mata kuliah Pengembangan Media Grafis, Inovasi dan Difusi Pembelajaran, dan Desain Pesan untuk mahasiswa semester 2.

Ketua pelaksana, Jovan Valentino Butar Butar berharap karya mahasiswa teknologi pendidikan bisa berdampak pada pendidikan secara luas serta sebagai ajang kreasi mahasiswa di dalam maupun luar kampus.

Perwakilan Dosen Teknologi Pendidikan, Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd., menyatakan pameran ini sebagai wadah inovasi media pembelajaran mahasiswa Teknologi Pendidikan yang nantinya dapat menjadi inovasi bagi lembaga pendidikan di Indonesia untuk mengembangkan media pembelajaran yang bernilai.

“Semoga tahun depan karya mahasiswa bisa lebih digaungkan, baik media pembelajaran digital maupun cetak,” pungkasnya.

Dalam sesi wawancara, Septian Nugraha dan Irfan, mahasiswa prodi Teknologi Pendidikan Angkatan 2022 mengatakan bahwa media pembelajaran berbentuk digital dapat dilaksanakan melalui pembelajaran sinkronus dan asinkronus. Seiring berjalannya revolusi teknologi, maka dari itu media pembelajaran juga harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut untuk memotivasi peserta didik. Mahasiswa membuat beberapa produk media pembelajaran digital seperti Learning Management System dan Game edukatif.  Pembuatan media pembelajaran tersebut didasarkan  dengan analisis kebutuhan serta permasalahan dalam Pendidikan yang ada.

Penulis: Fadilla (PGSD), Dede (PGSD)