TP FIP UNESA Tambah Doktor, Kembangkan Model Pembelajaran Problem Social Entrepreneurship untuk Mata Kuliah DKV

fip.unesa.ac.id, Surabaya – Di tengah kesibukan dan tanggung jawabnya sebagai dosen, Ixsora Gupita Cinantya, M.Pd., selesaikan program Doktor di Program Studi S3 Teknologi Pendidikan (TP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) melalui Ujian Terbuka Promosi Doktor pada Jumat, 14 Juni 2024 di Ruang Sidang 01 Lantai 1 FIP UNESA.

Ujian terbuka ini diketuai oleh Dekan FIP UNESA, Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., dengan Sekretaris Penguji oleh Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., Promotor satu yakni Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd., dan promotor dua oleh M.Pd., Dr. Andi Mariono, M.Pd. Diikuti Penguji dari ujian disertasi ini ialah Prof. Dr. Rusijono, M.Pd., Dr. Utari Dewi, M.Pd. Adapun penguji dari luar yakni Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M.Pd., M.Ed., dari Universitas Negeri Malang (UM).

Penelitian yang dilakukan promovenda dalam disertasinya membahas “Pengembangan Model Pembelajaran Problem Social Entrepreneurship” guna meningkatkan kemandirian, kreativitas, dan social personal responsibility pada mata kuliah Desain Komunikasi Visual (DKV) Packaging.

Penelitian oleh Ixsora Gupita Cinantya, M.Pd., didasari atas kemampuan dan kreativitas mahasiswa desain dan seni yang tinggi namun berbanding dengan social personal responsibility mereka yang masih dikatakan rendah. Dari hal tersebut diciptakanlah model pembelajaran yang mengintegrasikan problem based learning dengan pendekatan social entrepreneurship beserta karakteristiknya yang difokuskan dalam penelitian.

Penelitian ini berpotensi untuk diterapkan pada program studi lain, terkhusus prodi Teknologi Pendidikan sehingga bahan pembelajaran dari penelitian dapat bermanfaat. “Harapannya penelitian ini berdampak dan dapat dimanfaatkan mahasiswa dalam menerapkan kemandirian, kreativitas, dan tanggung jawab sosial di masyarakat dengan berbagai kelompok usia,” pungkasnya Promovenda.

Hasil Keputusan Ujian Disertasi

Setelah 15 menit memaparkan hasil disertasi dan berhasil menjawab keseluruhan pertanyaan dari para penguji, Ixsora Gupita Cinantya, M.Pd., meraih gelar Doktor Pendidikan dengan perdikat Cumlaude. Diangkatnya Dosen Universitas Esa Unggul Fakultas Desain dan Komunikasi Kreatif Program Studi DKV ini menjadikannya Doktor ke-117 di Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNESA.

Ujian ini ditutup dengan ucapan selamat dari Promotor satu, Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd. Ia juga berpesan untuk terus mengembangkan ilmu dan berdampak secara luas di masyarakat. Pada sesi wawancara, Ixsora Gupita Cinantya, M.Pd., membagikan kiat-kiat lulus cepat 4 semester untuk jenjang Doktor diantaranya merencanakan sejak awal kapan memulai penelitian, terjun lapangan, menulis laporan, mengingat pentingnya deadline.

Penulis: Dede (PGSD)

Dokumentasi: Mustika (BK)