Program Studi S3 Teknologi Pendidikan UNESA Gelar Ujian Disertasi Terbuka ke-116, Anselmus Yata Mores Raih Gelar Doktor dengan Predikat Terbaik.

fip.unesa.ac.id, SURABAYA – Program Studi S3 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya laksanakan Ujian Disertasi Terbuka Promosi Doktor ke-116 pada hari Jum’at, 14 Juni 2024 di Ruang Sidang O1 lantai 1 FIP UNESA.

Ujian tersebut diketuai oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Prof. Dr. Mochammad Nursalim, M.Si., beserta kelima penguji lainnya yaitu Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., Dr. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd., Dr. Andi Mariono, M.Pd., Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Ed, dan  Dr. Agus Suprijono, M.Si. selaku penguji eksternal.

Anselmus Yata Mones, S.Fil., M.Pd. selaku promovendus merupakan lulusan pertama dari angkatan 2022 yang menyandang gelar Doktor pada prodi Teknologi Pendidikan. Ia menyelesaikan masa studinya secara singkat, yakni empat semester. Dalam paparan  disertasinya yang berjudul “Pengembangan Metode CPCL untuk Meningkatkan Kemampuan Menerapkan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran PAK Kelas XI SMAK Warta Bakti Kefamenanu NTT”, Pria asal NTT tersebut mengungkapkan bahwa kompetensi dalam pembelajaran agama katolik masih sangat rendah.

“Menindaklanjuti hal tersebut, saya bertekad mengenalkan model pembelajaran Contextual Problem Colaborative Learning (CPCL) yang memuat gabungan tiga model pembelajaran yaitu PBL, Contextual Teaching Learning, dan  Colaborative Learning kepada peserta didik. Mereka akan mendapatkan kesempatan untuk menganalisis lalu mempraktikkan hasil temuan mereka dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Dengan metode CPCL, harapannya capaian pembelajaran Agama Katolik di wilayah NTT dan sekitarnya dapat meningkat dan berkembang lebih baik.

Hasil Keputusan oleh para Penguji

Setelah mempresentasikan disertasinya dan menjawab seluruh pertanyaan penguji dengan baik, Anselmus Yata Mones, S.Fil., M.Pd berhasil meraih gelar Doktor Pendidikan dengan nilai disertasi 89,50. Pada akhir sesi, Prof. Dr. Mochammad Nursalim, M.Si selaku promotor satu memberikan ucapan selamat atas pencapaian gelar doktor yang diraihnya. Selanjutnya ditutup dengan sesi dokumentasi yang di iringi dengan tepukan tangan.

Penulis dan Dokumentasi : Chantika (PGSD)