fip.unesa.ac.id, Surabaya – Di era digital, pengembangan pedagogi menjadi tantangan sekaligus peluang bagi tenaga pendidik. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) sebagai lembaga pendidikan memiliki peran strategis dalam mendorong peningkatan kompetensi pedagogi bagi calon guru dan tenaga pendidik profesional. Digitalisasi dalam pendidikan menuntut adanya inovasi dalam metode pengajaran yang lebih adaptif, interaktif, serta berbasis teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan relevan.
Salah satu aspek utama dalam pengembangan pedagogi di era digital adalah pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran. Guru tidak hanya dituntut untuk menguasai materi ajar, tetapi juga harus mampu mengintegrasikan teknologi seperti Learning Management System (LMS), kecerdasan buatan, dan multimedia interaktif ke dalam pembelajaran. FIP UNESA telah berkontribusi dalam penguatan kompetensi ini melalui berbagai program pelatihan, seminar, dan penelitian yang berfokus pada pemanfaatan teknologi dalam pendidikan.
Selain itu, pengembangan pedagogi modern juga harus memperhatikan kebutuhan peserta didik yang semakin beragam. Dalam hal ini, pendekatan diferensiasi pembelajaran dan personalisasi materi menjadi penting untuk memastikan setiap siswa mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan gaya belajar dan kemampuan mereka. Melalui program akademik dan pengabdian masyarakat, FIP UNESA terus mendorong calon pendidik untuk menguasai strategi pembelajaran yang fleksibel dan inklusif, termasuk penggunaan teknologi guna meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi semua kalangan.
Peningkatan kompetensi pedagogi di era digital juga berkaitan dengan literasi digital tenaga pendidik. Guru harus mampu memilah informasi, mengelola sumber belajar digital, serta menerapkan prinsip keamanan dan etika dalam penggunaan teknologi. Dalam hal ini, FIP UNESA menanamkan kesadaran akan literasi digital melalui kurikulum yang terintegrasi dengan teknologi, serta kolaborasi dengan berbagai pihak dalam pengembangan konten edukatif berbasis digital.
Dibutuhkan pula kolaborasi antara akademisi, praktisi pendidikan, dan sektor teknologi guna mengoptimalkan pengembangan pedagogi di era digital. FIP UNESA terus memperluas kemitraan dengan berbagai institusi untuk menghadirkan ide pembelajaran inovatif, mulai dari pengembangan konten edukasi hingga penelitian berbasis teknologi dalam bidang pedagogi. Dari kolaborasi ini akan tercipta lingkungan belajar yang lebih futuristik. Pendidik dapat mengakses teknologi terbaru yang menghasilkan praktik pengajaran yang terbaik.
Dengan terus berkembangnya teknologi, tantangan dalam dunia pendidikan juga semakin kompleks. Namun, dengan peningkatan kompetensi pedagogi yang berbasis teknologi, pendidik dapat lebih siap menghadapi perubahan dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Sebagai institusi yang berkomitmen dalam mencetak pendidik unggul, FIP UNESA terus berinovasi dalam mendukung pengembangan pedagogi digital agar pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkualitas.
Penulis: Dede Rahayu Adiningtyas (PGSD) & Florencya Agatha (MP)
Dokumentasi: Arsip PIF